Celana Mumi Berusia 3.200 Tahun Persis Jeans Modern, Kok Bisa?

Kamis, 07 September 2023 - 08:48 WIB
loading...
A A A
Pola lain yang ditemukan pada celana Turfan Man, yaitu pola piramida berundak. Sangat mirip dengan pola pada tembikar yang dihasilkan oleh budaya Petrovka di Asia Tengah yang berkembang antara 3.900 dan 3.750 tahun lalu. Belum lagi desain arsitektur di Asia barat daya dan masyarakat Timur Tengah lebih dari 4.000 tahun lalu.

Banyak penemuan arkeologi, mulai dari migrasi penggembala Eurasia ke arah timur hingga kemungkinan asal usul tenun kepar di Eropa Timur, menunjukkan penciptaan celana pertama di dunia adalah hasil pertukaran budaya dan ekonomi antar masyarakat yang pada saat itu hampir tidak pernah berhubungan satu sama lain.

Karena alasan ini, Michael Frachetti, antropolog dari Universitas Washington di St. Louis, menyebut celana Turfan Man sebagai titik masuk untuk mengkaji bagaimana Jalur Sutra mengubah dunia.

Wagner pun sangat setuju. “Asia Tengah Bagian Timur adalah laboratorium tempat manusia, tumbuhan, hewan, pengetahuan, dan pengalaman dari berbagai arah dan sumber datang dan diubah,” katanya kepada Science News.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)