7 Telur Hewan yang Dapat Dikonsumsi Manusia, dari Ayam hingga Semut

Sabtu, 23 September 2023 - 15:40 WIB
loading...
7 Telur Hewan yang Dapat Dikonsumsi Manusia, dari Ayam hingga Semut
Banyak telur hewan yang dapat dikonsumsi manusia. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak telur hewan yang dapat dikonsumsi manusia. Salah satu jenis telur hewan yang paling sering dikonsumsi adalah telur ayam.

Telur hewan menjadi salah satu makanan yang kaya akan protein dan gizi bagi manusia. Telur mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, dan zat besi.

Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat dan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kandungan gizi yang tinggi, telur sering kali dianggap sebagai makanan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.



Hingga saat ini ada banyak jenis telur hewan yang bisa dengan mudah ditemukan oleh manusia. Namun, perlu diketahui jika tidak semua telur bisa dimakan oleh manusia.

Berikut tujuh telur hewan yang bisa dikonsumsi manusia.

Telur Hewan yang Dapat Dikonsumsi Manusia


1. Telur Ayam


Telur ayam merupakan telur hewan yang sangat populer dan banyak diminati oleh manusia. Telur ayam juga sering menjadi bahan makanan yang serbaguna, mudah diolah, dan memiliki cita rasa lezat.

Telur ayam mengandung vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan zinc dalam jumlah yang cukup. Manfaat telur ini juga sangat beragam, seperti membantu membentuk jaringan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

2. Telur Puyuh


Telur puyuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Telur ini mengandung zinc yang berperan penting dalam merawat kesehatan gigi dan membantu mengatasi masalah bau mulut.



Selain itu, zinc pada telur puyuh juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan telur ini dapat membantu pembentukan sel, dan meningkatkan kesuburan.

3. Telur Bebek


Telur bebek merupakan salah satu sumber protein yang banyak digemari. Maka dari itu, banyak di antara mereka yang menggunakan telur ini sebagai obat.

Telur bebek mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

4. Telur Kalkun


Telur kalkun memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan telur ayam dan telur bebek. Telur kalkun biasanya memiliki berat sekitar 70-80 gram dan panjang sekitar 7-8 cm.

Dalam hal nutrisi, telur kalkun juga memiliki keunggulan. Telur kalkun juga mengandung lebih banyak protein daripada telur ayam dan telur bebek.

5. Telur Angsa


Telur angsa termasuk telur yang bisa dikonsumsi manusia. Sama halnya dengan telur kalkun, telur ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan telur ayam dan telur bebek.

Meski begitu, telur angsa juga mengandung lemak yang lebih sedikit daripada telur ayam dan telur bebek. Sehingga tergolong sebagai telur yang sangat aman untuk dikonsumsi.

6. Telur Kaviar


Kaviar adalah telur dari berbagai jenis ikan sturgeon, seperti osetra, beluga, kaluga, sevruga, sterlet, dan hackleback. Selain menjadi pengalaman kuliner yang mewah, menikmati kaviar juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kaviar kaya akan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin B12, selenium, zat besi, dan natrium. Kaviar juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit dan otak.

7. Telur Semut


Telur semut juga menjadi makanan yang dikonsumsi oleh beberapa budaya di seluruh dunia. Mereka biasanya dikumpulkan dari sarang semut dan digunakan dalam berbagai hidangan.

Konon katanya, telur semut memiliki rasa yang unik dan tekstur yang renyah. Jenis telur ini sering digunakan sebagai bumbu dalam hidangan seperti sup, tumis, atau dimakan langsung sebagai camilan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)