Aneh tapi Nyata, Kawanan Hiu Langka Terdampar di Danau Lapangan Golf

Senin, 02 Oktober 2023 - 22:19 WIB
loading...
Aneh tapi Nyata, Kawanan Hiu Langka Terdampar di Danau Lapangan Golf
Selama hampir 20 tahun, sekelompok hiu banteng tinggal di kolam buatan di areal lapangan golf Australia. (Foto: Live Science)
A A A
JAKARTA - Kejadian aneh tapi nyata terjadi Australia, sekawanan Hiu Banteng langka terdampar di danau lapangan golf. Selama hampir 20 tahun, sekelompok hiu banteng tinggal di kolam buatan di areal lapangan golf Australia. Namun saat air menyusut kawanan hiu ini menghilang.

Habitat Hiu Banteng ini memang unik karena dapat hidup di lingkungan air tawar dan biasanya ditemukan di sungai-sungai di seluruh dunia. Meskipun persinggahan mereka di air tawar biasanya bersifat sementara, hiu ini terkadang terperangkap di lingkungan air tawar untuk jangka waktu lama dan mereka bisa berkembang biak dengan baik.

Hiu ini bisa berada di area lapangan golf karena kemungkinan besar tersapu ke daratan selama periode banjir. Curah hujan yang tinggi menyebabkan air sungai meluap hingga menggenangi dataran sekitarnya. Jalur lapangan golf tersebut kurang dari 6,2 mil dari pantai, sehingga termasuk dalam zona air tawar yang dihuni oleh Hiu Banteng.



Hiu Banteng ini pertama kali ditemukan pada 1996. Mereka pun khusus ditempatkan dalam kolam sepanjang sekitar 701 meter dan kedalaman 381 meter. Ukuran ini relatif kecil dan dangkal karena tidak berdasarkan penghitungan populasi.

Hiu-hiu tersebut juga kemungkinan masih remaja ketika terdamapar, tetapi akhinrya tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Hiu-hiu tersebut terakhir terlihat pada 2015. Banjir yang terjadi pada 2013 mungkin menyebabkan beberapa hiu terlepas ke aliran sungai terdekat. Sebagian lainnya mungkin mati karena pernah ditemukan seonggok bangkai hiu di area lapangan golf.



Dilansir dari Live Science, Senin (2/10/2023), saat ini kolam tersebut kosong, kejadian ini menggambarkan kemampuan adaptasi predator purba ini dan toleransi mereka terhadap lingkungan air tawar. Tim peneliti mengatakan, kasus Hiu Banten di kolam sebagai contoh ekosistem hiu terlama menghuni lingkungan dengan salinitas rendah.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)