Selain Israel, Ini Daftar Negara yang Memiliki Iron Dome

Kamis, 12 Oktober 2023 - 20:00 WIB
loading...
Selain Israel, Ini Daftar Negara yang Memiliki Iron Dome
Sistem pertahanan militer tercanggih di dunia milik Israel, Iron Dome. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Sistem pertahanan militer tercanggih di dunia milik Israel, Iron Dome, akhirnya tunduk di tangan Hamas. Benteng Israel itu luluh lantak dalam Operasi Badai al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023).

Pejuang Hamas berhasil menemukan kelemahan dari Iron Dome, dengan menembakkan ribuan roket dalam waktu singkat ke berbagai target di Israel. Sistem pertahanan Iron Dome tidak dirancang untuk bisa menahan ribuan roket sekaligus. Walhasil, roket-roket Hamas menghantam sasaran di Israel.

Versi lain menyebutkan, Iron Dome Israel mampu ditembus lantaran roket-roket Hamas dipandu dengan presisi oleh pihak Hezbollah, entah dari tiruan teknologi Iran atau Rusia.

Direktur kebijakan senior di Center for Arms Control and Non-Proliferation John Erath mengatakan Iron Dome dirancang untuk merespons ancaman jarak pendek dan bukan senjata yang dipandu.


Iron Dome Laku Keras

Terlepas dari sukses para pejuang Hamas, faktanya, sistem pertahanan Iron Dome tak hanya dimiliki Israel. Sejumlah negara telah membeli teknologi serupa untuk pertahanan wilayahnya.

Sejak Iron Dome sukses beroperasi pada 2011, sejumlah negara lain di Eropa dan Asia telah membeli atau mempertimbangkan pembelian komponen radar atau seluruh Iron Dome untuk melindungi wilayahnya.

Meningkatnya ketegangan global

Tingginya permintaan terhadap Iron Dome tak lepas dari situasi global yang penuh ancaman. Di sisi lain, Israel dianggap terbukti mampu menghadirkan teknologi keamanan mumpuni.

Pieter Wezeman, peneliti senior di Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), mengatakan banyak negara membutuhkan sistem pertahanan yang dapat memberikan tingkat pertahanan terhadap rudal peluncuran darat, pesawat udara tanpa awak, dan pesawat tempur yang semakin canggih.

Hal ini dipicu adanya perang berkepanjangan antara Hamas dan Israel, ketegangan dan penembakan sesekali di Semenanjung Korea, penggunaan rudal terhadap target di Arab Saudi oleh Houthi, dan penggunaan besar-besaran rudal terhadap Ukraina oleh Rusia.

"Israel berada di garis depan dalam teknologi semacam ini dan telah menemukan sejumlah pembeli di seluruh dunia, baru-baru ini termasuk Maroko dan mungkin Uni Emirat Arab, untuk sistem pertahanan udara dan rudalnya," katanya.

Bulan lalu, Jerman dan Israel juga menandatangani kesepakatan senilai 3,5 miliar dolar AS di mana Berlin akan membeli sistem pertahanan rudal Arrow 3 yang canggih untuk mengintersep rudal balistik jarak jauh.

Negara Pembeli Iron Dome

1. Azerbaijan

Azerbaijan menjadi salah satu negara yang mengkonfirmasi pembelian sistem pertahanan udara Iron Dome pada 2021, yang melindungi dari rudal balistik jarak pendek. Pembelian ini diyakini sebagai respons terhadap konflik berkepanjangan dengan Armenia terkait wilayah Nagorno-Karabakh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)