Gaun Digital Interaktif, Ubah Tampilan Sekejap Mata

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:03 WIB
loading...
Gaun Digital Interaktif, Ubah Tampilan Sekejap Mata
Gaun digital dapat berubah bentuk hampir setiap detik dengan menampilkan pola dan gambar seperti layar interaktif. (Foto: Dailymail)
A A A
JAKARTA - Perpaduan teknologi dan fesyen menghasilkan sebuah gaun digital interaktif yang bisa mengganti tampilan penggunanya dalam sekejap mata.

Gaun digital interaktif itu dipamerkan dalam konferensi kreativitas Adobe Max 2023 beberapa waktu lalu. Melansir Dailymail, Rabu (18/10/2023), gaun interaktif ini hasil karya Christine Dierk, seorang ilmuwan peneliti di Adobe.

Gaun bergaya sackdress mini ini dapat berubah bentuk hampir setiap detik dengan menampilkan pola dan gambar seperti layar interaktif. Pola sisik kecil di gaun tiba-tiba bisa mulai berubah pola dengan sekali klik tombol. “Gaun digital ini mampu menghidupkan pola dalam kain,” ujar Dierk.

Desainnya pun bakal bergerak bersama pemakainya, artinya desainnya akan mengikuti arah gerakan orang tersebut. Proyek Primrose, begitu teknologi di balik gaun ini disebut, memungkinkan pemakainya menampilkan desain yang dibuat dengan Adobe Firefly, Adobe After Effects, Adobe Stock, dan Adobe Illustrator. Animasi ini kemudian diproyeksikan ke permukaan gaun dengan mengklik tombol.



“Berbeda dengan pakaian tradisional yang statis, Primrose memungkinkan saya untuk menyegarkan penampilan saya dalam sekejap,” kata Dierk sambil mengenakan gaun itu.

Ketika dia mengucapkan kata 'sekejap', tiba-tiba warna gaunnya berubah dari krim menjadi perak metalik. Dierk juga memerlihatkan bagaimana pola yang berbeda dapat diproyeksikan ke gaun ini, mulai dari desain silang hingga bentuk berlian dan berbagai jenis garis, termasuk garis mirip chevron.



Saat Dierk menekan tombol untuk mengubah warna dan desain gaunnya, seluruh penonton selalu berdecak kagum. Dia juga memperlihatkan bahwa ada mode tanpa tombol yang bergantung pada sensor. Ini berarti desain bisa dianimasikan untuk berubah secara otomatis dan juga mencerminkan gerakan pemakai pakaian. “Fesyen tidak harus statis, bisa dinamis, bahkan interaktif,” kata Dierk.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4007 seconds (0.1#10.140)