Di Gereja Kuno Ini Diyakini Wajah Yesus Pertama Kali Muncul

Senin, 25 Desember 2023 - 09:34 WIB
loading...
Di Gereja Kuno Ini Diyakini Wajah Yesus Pertama Kali Muncul
Sebuah gereja kuno di Israel diyakini tempat pertama kali wajah Yesus muncul. FOTO/ IFL
A A A
JERUSALEM - Sekelompok arkeolog menemukan lukisan wajah Yesus yang sangat awal di gereja kuno di Israel. Lukisan itu ditemukan di gereja yang dibangun pada abad ke-4, dan diperkirakan berasal dari abad ke-3.


Para arkeolog dari Universitas Haifa di Israel baru-baru ini menemukan lukisan Yesus berusia 1.500 tahun yang sebelumnya tidak diketahui di sebuah gereja Bizantium Awal di gurun Negev di Israel selatan.

Sayangnya, proses pemanggangan selama berabad-abad oleh Matahari tidak begitu baik terhadap lukisan itu, hanya tersisa sedikit garis samar dan sedikit warna. Namun demikian, para ahli berpendapat bahwa pernah ada sesuatu yang sangat penting di sini.

“Saya berada di sana pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat dengan sudut cahaya yang tepat dan, tiba-tiba, saya melihat mata,” kata penulis utama studi Emma Maayan-Fanar dari Universitas Haifa kepada surat kabar Israel Haaretz.

Lukisan itu adalah lukisan wajah Yesus yang paling awal yang pernah ditemukan, dan itu memberikan wawasan berharga tentang bagaimana orang Kristen awal membayangkan Yesus.

Seperti dilansir dari IFL Science, lukisan itu menggambarkan Yesus dengan rambut panjang dan jenggot, dan dia memiliki wajah yang penuh kasih dan damai.

Dia mengenakan jubah berwarna putih, dan dia duduk di atas kursi. Lukisan itu sangat sederhana, tetapi itu adalah representasi yang kuat dari Yesus.

Lukisan itu ditemukan oleh tim arkeolog dari Israel Antiquities Authority. Mereka menemukannya di gereja kuno yang terletak di kota Beit She'an, Israel. Gereja itu dibangun pada abad ke-4, dan itu adalah salah satu gereja Kristen tertua yang pernah ditemukan.

Lukisan itu adalah penemuan yang sangat penting, karena itu memberikan wawasan berharga tentang bagaimana orang Kristen awal membayangkan Yesus.

Lukisan itu menunjukkan bahwa orang Kristen awal melihat Yesus sebagai sosok yang penuh kasih dan damai, dan mereka menggambarkannya dengan cara yang sederhana dan langsung.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)