10 Fakta Mengejutkan tentang Listrik, Terlibat dalam Pembentukan Berlian

Minggu, 28 Januari 2024 - 21:00 WIB
Konsumsi listrik tumbuh secara stabil sejak 1970an; penggunaan pada 2019 lebih besar 1,8% daripada 2018. China menjadi konsumen listrik terbesar di dunia, diikuti oleh AS dan kemudian India.

8. Kawanan Lebah penghasil listrik

Sekawanan lebah mungkin memiliki efek mengejutkan, dan bukan hanya karena sengat mereka. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal iScience pada Oktober 2022, kawanan lebah dapat menghasilkan medan listrik yang mirip dengan yang dihasilkan oleh badai petir.

Lebah terus-menerus menggosokkan tubuh mereka ke permukaan tanaman dan udara, sayap kecil mereka berdetak ratusan kali per detik. Akibatnya, mereka dapat dengan mudah menghasilkan listrik statis. Para ilmuwan mengira bahwa gaya statis ini berskala kecil, sampai mereka mengukur muatan listrik di dekat sarang lebah saat kawanan lebah lepas landas.

Mereka menemukan lebah dapat membuat gradien potensial listrik sebesar 100 volt per meter, dan kadang-kadang hingga 1.000 volt per meter - delapan kali lebih besar dari jenis gradien yang ditemukan dalam awan badai tipikal. Gradien yang diciptakan secara biologis ini mungkin memengaruhi pergerakan debu atmosfer dan polutan halus lainnya, demikian laporan para peneliti.

9. Beberapa bakteri menghembuskan listrik

Jauh di bawah dasar laut dan jauh di bawah tanah, bakteri dari genus Geobacter mengirimkan selang napas kecil dan mengeluarkan listrik. Padahal bakteri ini tidak memiliki akses oksigen. Aktivitas metabolisme menghasilkan elektron berlebih; manusia dan organisme lain yang menjalani gaya hidup aerob menggunakan oksigen untuk mengikat elektron ekstra ini dan membersihkannya dari tubuh. Tetapi organisme anaerob, organisme yang tidak menggunakan oksigen, tidak memiliki keleluasaan itu.

Jadi, spesies Geobacter mengirimkan selang napas 100.000 kali lebih tipis dari rambut manusia untuk mendorong elektron keluar dari diri mereka dan ke sekitar mereka, kadang-kadang ratusan ribu panjang tubuh bakteri. Pada tahun 2021, peneliti menemukan bahwa kawat listrik kecil ini terbuat dari protein yang disebut sitokrom. Koloni Geobacter bahkan dapat digunakan untuk memberi daya pada perangkat listrik, tetapi bakteri tidak menghasilkan banyak listrik, sehingga perangkat harus kecil.

10. Berlian membutuhkan listrik untuk terbentuk

Berlian mungkin menjadi kado terbaik, tetapi listrik sesungguhnya sahabat terbaik berlian. Ilmuwan melaporkan pada 2021 bahwa berlian, yang terbentuk di dalam mantel Bumi, membutuhkan sedikit bantuan listrik untuk terbentuk. Ternyata karbon tidak berubah menjadi permata berkilau tanpa dorongan kecil sekitar 1 volt, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

Hal ini mungkin tidak menimbulkan masalah besar di mantel, di mana batuan yang meleleh dan cairan lainnya dapat menghantarkan muatan listrik. Medan listrik yang kecil, lebih lemah dari baterai rumah tangga, kemungkinan memberikan elektron ekstra untuk memulai proses kristalisasi yang membentuk berlian.