Penuh Kutukan, Makam Kuno Bertuliskan Mantra-mantra Mengerikan Ditemukan

Senin, 05 Februari 2024 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Sebuah sarkofagus batu besar, yang dipenuhi dengan prasasti hieroglif dan gambar dewa baik di dalam maupun di luar, menampilkan liturgi pasal ke-178 dari Kitab Orang Mati.

Menurut Dia dari University College London, tiga kolom teks ini memberikan formula untuk menyiapkan mayat.

Di sisi tutupnya terdapat bab ke-42 dari Kitab Kematian, yang berisi mantra untuk mengusir kejahatan, termasuk ular.

Gambar dewi Eset dan Nebtheta serta kutipan tambahan dari Teks Piramida dan Peti Mati disertakan dalam dekorasi peti mati.

“Makam poros mewakili jenis makam khusus pada periode ini,” katanya. “Mereka dibuat sebagai upaya khusus para elit Mesir kuno untuk renaisans dan didasarkan pada gambar makam Raja Djoser, pendiri Kerajaan Lama yang terkenal, pada masa pembangunan piramida pada milenium ketiga SM.”

Sebelumnya, tablet kutukan berasal dari abad ke-7 SM juga ditemukan, dan diyakini digunakan oleh seorang wanita untuk mengutuk kekasihnya yang selingkuh.

Tablet ini bertuliskan mantra-mantra yang ditujukan untuk mendatangkan malapetaka pada kekasih wanita tersebut.

Mantra-mantra tersebut antara lain meminta agar kekasih wanita tersebut jatuh sakit, mengalami kecelakaan, atau bahkan mati. Mantra-mantra tersebut juga meminta agar kekuatan jahat mengikat kekasih wanita tersebut dan membuatnya tidak bisa lepas dari kutukan.

Penemuan tablet kutukan ini memberikan gambaran baru tentang kehidupan cinta di zaman kuno. Tablet ini menunjukkan bahwa kecemburuan dan kemarahan bisa menjadi kekuatan yang kuat, bahkan di masa lalu.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)