12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:15 WIB
loading...
12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika
Bison merupakan salah satu simbol resmi negara Amerika. (Foto: USA Today)
A A A
JAKARTA - Sejumlah fakta tentang bison akan membuka cakrawala kita tentang hewan eksotis asal Amerika tersebut. Salah satunya tentang ditetapkannya bison sebagai mamalia nasional sejak 9 Mei 2016. Ia bergabung dengan elang botak sebagai simbol resmi negara.

Pada zaman prasejarah, jutaan bison berkeliaran di Amerika Utara, dari hutan Alaska dan padang rumput Meksiko hingga Great Basin di Nevada dan Pegunungan Appalachian timur. Sejarah mereka terkait erat dengan banyak komunitas suku pribumi.

Tetapi pada akhir abad ke-19, hanya ada beberapa ratus bison tersisa di Amerika Serikat setelah para pemukim Eropa memaksa mereka berpindah ke barat, mengurangi habitat hewan ini dan memburu bison hingga nyaris punah.

Dilansir dari laman US Department of the Interior, Rabu (13/3/2024), jika bukan karena kerja keras sejumlah pihak bersama suku-suku pribumi, pemerintah negara bagian, dan departemen dalam negeri, bison akan punah hari ini.


Berikut deretan fakta menarik hewan bison yang sempat terancam punah :

1. Berukuran raksasa


Bison adalah mamalia terbesar di Amerika Utara. Bison jantan memiliki berat hingga 2.000 pon dan tinggi 6 kaki, sedangkan betina memiliki berat hingga 1.000 pon dan tinggi 4-5 kaki. Bayi bison memiliki berat 30-70 pon saat lahir.

2. Selamat dari kepunahan


Kawanan di Taman Nasional Wind Cave yang tersisa membantu menghidupkan kembali populasi bison di seluruh negara. Kisahnya dimulai pada tahun 1905 dengan pembentukan American Bison Society dan program pembiakan di Kebun Binatang New York City (sekarang Kebun Binatang Bronx).

Pada tahun 1913, American Bison Society memiliki cukup banyak bison untuk mengembalikan kawanan bison yang berkeliaran bebas. Bekerja dengan Departemen Dalam Negeri, mereka mendonasikan 14 bison ke Taman Nasional Wind Cave di South Dakota. Lebih dari 100 tahun kemudian, bison dari Wind Cave telah membantu mendirikan kawanan lain di seluruh Amerika Serikat dan baru-baru ini di Meksiko.

Departemen Dalam Negeri telah menjadi pengelola konservasi nasional utama bagi bison. Tanah publik yang dikelola oleh Departemen Dalam Negeri mendukung 17 kawanan bison—atau sekitar 10.000 bison—di 12 negara bagian, termasuk Alaska. Jumlah ini sekitar sepertiga dari semua bison liar di Amerika Utara.

3. Sudah ada sejak zaman prasejarah


Taman Nasional Yellowstone adalah satu-satunya tempat di AS di mana bison terus hidup sejak zaman prasejarah. Yang membuat bison Yellowstone begitu istimewa adalah mereka keturunan bison awal yang berkeliaran di padang rumput Amerika.

Para leluhur bison Amerika dapat ditelusuri kembali ke Asia selatan ribuan tahun yang lalu. Bison mencapai Amerika dengan menyeberangi jembatan darat kuno yang pernah menghubungkan Asia dengan Amerika Utara selama Epoch Pliosen, sekitar 400.000 tahun yang lalu. Hewan purba ini jauh lebih besar dari bison ikonik yang kita cintai hari ini. Catatan fosil menunjukkan bahwa satu bison purba, Bison latiforns, memiliki tanduk dengan panjang 9 kaki dari ujung ke ujung.

Pada tahun 2021, populasi bison Yellowstone diperkirakan mencapai 5.450— menjadikannya populasi bison terbesar di tanah publik. Populasi ini diizinkan berkeliaran dengan relatif bebas di lanskap luas Taman Nasional Yellowstone dan beberapa daerah di dekatnya di Montana.

4. Anak bison merah


Anak bison cenderung lahir pada akhir Maret hingga Mei dan berwarna jingga-merah, yang membuat mereka dijuluki "anak bison merah." Setelah beberapa bulan, bulu ini mulai berubah menjadi cokelat gelap dan puncak bahu serta tanduk karakteristik mereka mulai tumbuh.


5. Bison dan suku pribumi tak terpisahkan


Bison telah menjadi bagian integral dari budaya suku, menyediakan makanan, pakaian, bahan bakar, alat, tempat tinggal, dan nilai spiritual. Didirikan pada tahun 1992, Dewan Bison Antar Suku bekerja dengan National Park Service untuk mentransfer bison dari tanah taman nasional ke tanah Suku.

6. Suasana hati bison


Suasana hati bison bisa dinikai dari ekornya. Ketika ekornya menggantung dan bergerak secara alami, bison biasanya tenang. Jika ekor tegak lurus, hati-hati! Mungkin dia siap untuk menyerang. Terlepas dari apa yang dilakukan ekor bison, ingat bahwa mereka tidak terduga dan bisa menyerang kapan saja.

7. Hewan yang cepat


Bison mungkin besar, tetapi mereka juga cepat. Mereka bisa berlari dengan kecepatan hingga 35 mil per jam. Plus, mereka sangat gesit. Bison dapat berputar dengan cepat, melompati pagar tinggi, dan berenang dengan kuat.

8. Cari makan 9-11 jam sehari


Bison sebagian besar makan rumput, gulma, dan tanaman berdaun. Biasanya Bison mencari makan selama sembilan hingga 11 jam sehari. Itulah mengapa punuk bison yang menonjol besar itu berguna saat musim dingin. Punuk itu memungkinkan bison untuk mengayunkan kepala dari sisi ke sisi untuk membersihkan salju, terutama untuk menciptakan remah makanan.

9. Pemburu yang bertobat


Dari pemburu menjadi konservasionis, Teddy Roosevelt membantu menyelamatkan bison dari kepunahan. Pada tahun 1883, Teddy Roosevelt melakukan perjalanan ke Dakota untuk berburu bison. Setelah beberapa tahun di barat, Roosevelt kembali ke New York dengan pandangan hidup yang baru. Dia membuka jalan bagi gerakan konservasi, dan pada 1905, membentuk American Bison Society bersama William Hornaday untuk menyelamatkan bison yang semakin langka. Hari ini, bison hidup di semua 50 negara bagian, termasuk tanah Suku, cagar alam, taman nasional, dan tanah swasta.

10. Bison berumur panjang


Bison dapat hidup hingga 20 tahun. Rata-rata umur hidup bison adalah 10–20 tahun, tetapi beberapa bisa hidup lebih lama. Bison mulai berkembang biak pada usia dua tahun dan hanya memiliki satu bayi setiap kali melahirkan. Untuk jantan, usia berkembang biak yang optimal adalah enam hingga 10 tahun.

11. Mandi debu


Bison berguling-guling di debu untuk mengusir lalat yang menggigit dan membantu melepaskan bulu. Bison jantan juga mandi debu selama musim kawin untuk meninggalkan aroma dan menampilkan kekuatannya.

12. Penglihatan buruk


Bison memiliki penglihatan yang kabur. Kendati demikian, bison memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat baik. Induk bison dan anak bison berkomunikasi menggunakan suara mendengus mirip babi, dan selama musim kawin, bison jantan bisa terdengar melolong dari jarak jauh. Demikian deretan fakta unik bison yang sempat terancam punah.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)