Vaksin Novavax Ampuh Lawan Mutasi Inggris, Lemah Hadapi Varian Afrika Selatan

Minggu, 31 Januari 2021 - 00:38 WIB
loading...
A A A
Garis keturunan 501Y.V2 menyebar begitu cepat sehingga menyebabkan hampir semua kasus COVID-19 yang dicatat dalam persidangan. Dalam kelompok orang yang menerima dua dosis vaksin, 15 mengembangkan COVID-19, dibandingkan dengan 29 peserta yang menerima suntikan plasebo. Ini setara dengan kemanjuran 49,4%. Penelitian ini melibatkan 240 orang yang HIV-positif, dan ketika tim Madhi mengeluarkan kelompok ini dari analisis, vaksin itu 60% efektif.

Madhi memperkirakan vaksin tersebut bekerja jauh lebih buruk terhadap 501Y.V2 dibandingkan varian lain. Itu karena data yang muncul telah menunjukkan bahwa varian tersebut kebal terhadap banyak antibodi 'penetral', atau pemblokir virus, yang kuat dan dihasilkan oleh orang-orang yang telah menerima vaksin lain atau telah pulih dari infeksi.

“Kemanjuran vaksin 60% adalah sesuatu yang tentu saja tidak saya impikan ketika saya mulai melihat semua data lain yang keluar,” tuturnya.

Uji coba di Afrika Selatan tidak cukup besar untuk menentukan apakah vaksin itu lebih baik dalam mencegah kasus COVID-19 yang parah, daripada mencegah infeksi yang lebih ringan. "Tetapi bukti bahwa vaksin COVID-19 lain bekerja dengan cara ini menunjukkan suntikan Novavax juga akan berhasil," kata Madhi. "Saya yakin vaksin ini akan berdampak pada rawat inap dan penyakit parah, mungkin di utara 60%."

Data yang dibagikan pada arahan juga menunjukkan bahwa orang yang sebelumnya terinfeksi virus asli tidak terlindungi dari infeksi ulang oleh 501Y.V2. Peserta yang menerima plasebo memiliki kemungkinan yang sama untuk tertular COVID-19, apakah mereka memiliki antibodi terhadap virus atau tidak.

"Data tersebut perlu diteliti lebih lanjut. Namun hasil awalnya 'sangat mengkhawatirkan'," kata Marm Kilpatrick, peneliti penyakit menular di Universitas California, Santa Cruz.

Hasil dari uji coba di Inggris lebih mudah dibandingkan dengan hasil dari vaksin lain. Dalam uji coba ini, para peneliti mendeteksi hanya 6 infeksi pada kelompok vaksin, dibandingkan 56 pada kelompok plasebo, setara dengan kemanjuran 89,3%.

Uji coba di Inggris, juga, terjadi ketika varian yang menyebar cepat mulai berlaku -yang sekarang dikenal sebagai B.1.1.7. Penelitian di laboratorium menunjukkan lebih sedikit kekhawatiran tentang kemampuan varian ini untuk menghindari respons imun, dan hasil uji coba mengkonfirmasi hal ini.

Para peneliti memperkirakan vaksin Novavax lebih dari 95,6% efektif melawan virus asli, dibandingkan 85,6% melawan B.1.1.7. “Pertama-tama, ini adalah berita bagus. Ini berarti kemungkinan akan ada vaksin lain yang dilisensikan,” kata Florian Krammer, ahli virus di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di Kota New York, AS.

Data dari Afrika Selatan mengkhawatirkan, tapi Krammer ingin melihat lebih detail sebelum memberikan penilaian. “Jika ternyata vaksin melindungi 50% dari penyakit simptomatik yang disebabkan oleh varian, dan pada tingkat yang lebih tinggi dari penyakit sedang-berat, kami masih dalam kondisi yang baik,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)