Vaksin Novavax Ampuh Lawan Mutasi Inggris, Lemah Hadapi Varian Afrika Selatan

Minggu, 31 Januari 2021 - 00:38 WIB
loading...
A A A
"Ada kemungkinan perbedaan populasi percobaan di Inggris dan Afrika Selatan menjelaskan beberapa perbedaan dalam kemanjuran vaksin," kata Paul Bieniasz, ahli virus di Universitas Rockefeller, New York.

Tapi dia curiga 501Y.V2 lolos dari tanggapan vaksin orang sampai batas tertentu. “Kami tidak mengharapkan varian Afrika Selatan menyebabkan hilangnya efektivitas total, tetapi penurunan dari 90% menjadi 60%, jika benar, lebih besar dari yang saya perkirakan,” katanya. “Saya akan terkejut jika tidak ada penurunan kemanjuran dengan platform vaksin lain.”

"Penantian data tersebut tidak akan lama. Madhi memimpin uji coba vaksin AstraZeneca di Afrika Selatan, dan hasilnya akan segera tersedia," katanya.

Dan uji coba global, dengan peserta di Afrika Selatan, dari vaksin Johnson & Johnson akan memberikan hasil pekan depan. Novavax dan pembuat vaksin lainnya mengatakan mereka telah mulai memperbarui vaksin mereka untuk mengatasi varian baru.

Hasil dari uji kemanjuran vaksin Novavax telah sangat diantisipasi -sebagian, karena suntikan bergantung pada teknologi yang telah dicoba dan diuji. Vaksin berbasis protein sudah banyak digunakan untuk mencegah penyakit termasuk hepatitis B dan pertusis.

Novavax berharap memiliki kapasitas untuk memproduksi 2 miliar dosis vaksin tahun ini. Sebagian besar pasokan ini dialokasikan untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. “Ini sangat besar secara global,” kata Hilda Bastian, ilmuwan independen di bidang pengobatan berbasis bukti di Gold Coast, Australia.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)