Pahatan Elang Berusia 600 Tahun Ditemukan di Kuil Suci Aztec Meksiko

Minggu, 31 Januari 2021 - 07:38 WIB
loading...
A A A
"Itulah mengapa ia memiliki kondisi konservasi yang baik. Itu adalah elemen yang tidak pernah dilihat oleh orang Spanyol," kata Rodolfo Aguilar Tapia. (Baca juga: Berusia 45.500 Tahun, Lukisan Gua Tertua Ditemukan di Sulawesi)

Saat ini, patung elang itu terletak di bawah persimpangan dua jalan di Mexico City. Namun, ketika dibangun, bangunan itu akan berada di kaki lereng selatan Templo Mayor. Itu juga akan berada di poros tengah - garis yang menghubungkan kapel Huitzilopochtli di puncak Templo Mayor dan patung raksasa saudara perempuannya, dewi Coyolxauhqui, di bawah.

Simbologi Elang

Elang emas (Aquila chrysaetos) - juga dikenal sebagai "itzcuauhtli," atau elang obsidian, merupakan simbol penting dalam budaya Aztec. "Elang adalah makhluk suci dalam pemikiran Aztec, diyakini telah hadir pada saat kelahiran matahari dan merupakan simbol dari salah satu ordo prajurit elit dalam budaya Aztec," kata Pennock.

Burung pemangsa juga sering dikaitkan dengan Huitzilopochtli, dan posisi relief dasar mungkin menggemakan mitos penting seputar dewa. "Menurut sejarah mitos suku Aztec, Huitzilopochtli telah menaklukkan saudara perempuannya Coyolxauhqui dan melemparkannya ke bawah gunung, di mana dia hancur berkeping-keping," kata Pennock.

"Sejarah ini terulang kembali melalui pengorbanan manusia di Templo Mayor, saat jenazah korban dijatuhkan dari tangga," kata Pennock. Memahat elang di kaki Templo Mayor dekat patung Coyolxauhqui mungkin merujuk pada cerita ini dan pengorbanan manusia yang sangat nyata yang dilakukan di sana, kata Pennock. (Baca juga: Peneliti Tercengang, Ternyata Ular Bisa Memanjat dengan Cara Tak Lazim)

Relief dasarnya menyerupai gambar elang emas di Codex Borgia, manuskrip Aztec terkenal yang berasal dari abad ke-16. Sama seperti di Codex Borgia, bulu elang yang baru ditemukan terlihat seperti pisau korban, menurut para peneliti.

"Proyek Walikota Templo terus memberikan wawasan luar biasa tentang budaya Aztec," kata Pennock. "Elang ini menambahkan lapisan lain pada pemahaman kami tentang cara suku Aztec melihat sejarah mitos mereka sebagai inti dari kepercayaan dan ritual mereka," katanya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)