Gesit, Virus Corona Bisa Melompat Langsung dari Kelelawar ke Manusia

Rabu, 10 Februari 2021 - 05:30 WIB
Gesit, Virus Corona Bisa Melompat Langsung dari Kelelawar ke Manusia
Partikel (merah) SARS-CoV-2 menginfeksi sel manusia. Foto/NIAID/National Institutes of Health/Science Photo Library
JAKARTA - Sedikit demi sedikit misteri penyebaran virus Corona baru terungkap. Temuan baru mengungkap bahwa virus Corona yang gesit dapat melompat langsung dari kelelawar ke manusia.

Hal ini berdasarkan temuan terbaru dari para peneliti. Mereka menyebutkan, beberapa virus Corona yang ditemukan pada kelelawar dapat melompat langsung ke manusia, tanpa perlu evolusi lebih lanjut pada hewan perantara.

Victor Garcia dari University of North Carolina di Chapel Hill dan rekannya menanamkan tikus dengan jaringan paru-paru manusia dan menginfeksi jaringan dengan berbagai virus Corona, termasuk SARS-CoV-2 dan dua virus Corona terkait erat yang diisolasi dari kelelawar. Semua virus dapat berkembang biak secara efisien di jaringan paru-paru.

Penemuan tersebut menunjukkan virus Corona yang beredar pada kelelawar dapat langsung menginfeksi manusia. Hal ini berpotensi menyebabkan pandemik berikutnya.

Nature.com melaporkan, para peneliti juga menggunakan model hewan untuk menunjukkan bahwa obat antivirus oral yang dikenal sebagai EIDD-2801 dapat secara signifikan mengurangi partikel infeksius SARS-CoV-2 di jaringan paru-paru. Mereka mengatakan bahwa obat tersebut, yang saat ini dalam uji klinis tahap akhir, dapat digunakan untuk mencegah penyakit serta untuk mengobati orang dalam satu atau dua hari setelah terpapar SARS-CoV-2.

Mengapa Virus COVID Kehilangan Sebagian Genomnya?
Berulang kali, virus Corona baru sebagian kecil genomnya telah mengelupas, yang menyebabkan perubahan pada protein virus yang sering menjadi target antibodi.

Ketika evolusi memotong bentangan genom organisme, perubahan tersebut disebut penghapusan. Kevin McCarthy dan Paul Duprex dari University of Pittsburgh School of Medicine di Pennsylvania dan rekan penelitinya mencari database urutan genom SARS-CoV-2 dan mengidentifikasi lebih dari 1.000 virus dengan penghapusan di wilayah genom yang mengkode protein yang disebut spike. Virus diketahui menggunakan lonjakan protein untuk menyerang sel.

Analisis lebih lanjut menunjukkan penghapusan cenderung muncul di beberapa situs berbeda di wilayah genom yang mengkode spike. Beberapa penghapusan muncul secara independen beberapa kali, dan beberapa menunjukkan bukti penyebaran dari satu orang ke orang lain.

Antibodi yang kuat melawan SARS-CoV-2 tidak dapat menempel pada lonjakan protein yang menyimpan beberapa penghapusan yang diidentifikasi oleh tim. Tetapi campuran antibodi yang dikumpulkan dari orang-orang yang telah pulih dari COVID-19 dapat menonaktifkan varian virus yang telah terhapus.