Sabtu, 20 November 2021 - 18:04 WIB
9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui
Penghuni bumi sebelum dinosaurus masih sangat jarang diketahui, padahal jumlahnya juga tidak sedikit. Foto/dok
JAKARTA - Penghuni bumi sebelum dinosaurus masih sangat jarang diketahui, padahal jumlahnya juga tidak sedikit. Keberadaan mereka diketahui dari sisa-sisa fosil yang ditemukan palaentolog dari sejumlah wilayah.

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purba yang pernah menguasai Bumi selama lebih dari 230 juta tahun. Namun sebelum jaman jurasic, ternyata ada beberapa hewan yang kurang dikenal pernah menghuni Bumi yang hidup ratusan juta tahun sebelum dinosaurus.

Berikut 9 hewan purba yang hidup sebelum zaman dinosaurus yang dikutip dari situs earthlyuniverse.com:

1. Dickinsonia

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Salah satu hewan yan hidup sebelum zaman dinosaurus adalah Dickinsonia. Fosil prakambrium ini hidup selama Ediacaran atau periode sebelum Kambrium sekitar 600 juta tahun yang lalu.

Hewan ini dianggap sebagai makhluk mirip ubur-ubur dengan panjang mulai dari beberapa milimeter hingga satu meter. Hewan ini termasuk spesies bilateral, artinya mereka memiliki tubuh yang simetris.

Namun palaentolog masih berdebat soal mahluk ini, apakah termasuk hewan atau tumbuhan primitif seperti jamur.

2. Haikouichthys

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Hewan ini termasuk ikan purba yang diketahui hidup sebelum jaman dinosaurus. Ikan purba ini tidak memiliki rahang dan diperkirakan hidup di laut era Ediacaran atau sekitar 535 juta tahun yang lalu.

Tidak seperti hampir semua hewan lain yang berasal dari era itu, haikouichthys tidak memiliki kepala dan ekor yang berbeda namun bentuknya hampir menyerupai ikan modern.

3. Astraspis

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Ikan tanpa rahang mulai berkembang pesat sejak awal ledakan Kambrium dan menyimpang ke dalam berbagai kelas dalam prosesnya. Salah satu yang paling aneh di antara mereka adalah astraspis, ikan yang bercirikan kepala besar dan tubuh berlapis baja.

Ikan ini hidup sekitar 450 juta tahun yang lalu selama Ordovisium ketika kehidupan hewan masih sepenuhnya terbatas pada lautan tropis luas yang menutupi sebagian besar dunia.

Astraspis mungkin masih kerabat jauh dengan haikouichthys, tetapi badannya jauh lebih besar dengan panjang sekitar 20 cm. Kemungkinan Astrapis mengembangkan lapisan pelindungnya untuk mempertahankan diri dari predator puncak saat itu.

4. Pneumodesmus Newmani

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Hewan purba yang menyerupai ular kaki seribu ini hidup sekitar 428 juta tahun yang lalu menjelang akhir periode Silur. Pneumodesmus newmani menjadi makhluk pertama yang diketahui menghirup udara dan hidup di darat.

Makhluk ini diketahui dari satu fragmen fosil sepanjang 1 cm yang ditemukan di Skotlandia pada tahun 2004. Ini menjadi salah satu penemuan paleontologi paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

5. Akmonistion

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Hiu adalah salah satu makhluk paling purba yang masih ada dan telah berevolusi setidaknya 420 juta tahun yang lalu. Namun, hiu paling purba terlihat sangat berbeda dengan yang terlihat sekarang.

Akmonistion, yang hidup sebelum zaman dinosaurus terlihat sangat aneh. Akmonisasi jantan memiliki bentuk seperti landasan di tempat sirip punggung, membuatnya lebih terlihat seperti semacam paron milik pandai besi daripada ikan.

Selain itu, hiu purba sepanjang satu meter ini juga memiliki duri segitiga di bagian atas kepalanya. Untuk apa sebenarnya duri-duri aneh ini tetap menjadi misteri.

6. Scutosaurus

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Selama periode Permian, antara 252 dan 299 juta tahun yang lalu, reptil dan amfibi darat berkembang dengan baik. Saat itu scutosaurus raksasa berkeliaran di Bumi, masih jutaan tahun sebelum dinosaurus mengambil tempat mereka sebagai hewan darat yang dominan.

Scutosaurus adalah reptil yang sangat besar pada masanya, makhluk yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dan memiliki tengkorak kepala selebar 50 cm.

Namanya scutosaurus berarti 'kadal perisai', karena tubuhnya memiliki lapisan keras dan berbagai duri yang menghiasi tengkoraknya. Namun, terlepas dari penampilannya yang tangguh, scutosaurus adalah herbivora yang lamban.

7. Dimetrodon Angelensis

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Orang sering salah mengira dimetrodon sebagai dinosaurus tetapi mereka sama sekali berbeda. Hewan Permian ini lebih dekat hubungannya dengan mamalia daripada reptil atau burung.

Spesies terbesar yang diketahui adalah dimetrodon angelensis, osalah satu pemangsa puncak paling besar pada masanya ketika hidup sekitar 295 juta tahun yang lalu.

Dengan panjang 4,6 meter, makhluk purba ini diketahui hidup di daerah rawa, kemungkinan memakan serangga raksasa serta mangsa lainnya. Dimetrodon adalah salah satu yang paling sukses (dan terbesar) dari semua hewan yang hidup sebelum dinosaurus.

8. Titanichthys

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Ikan Titanichthys adalah salah satu hewan terbesar dari semua ikan prasejarah yang hidup sebelum jaman dinosaurus. Ikan ini memiliki kulit tebal dan hidup sekitar 360 juta tahun yang lalu.

Ikan ini memiliki panjang sekitar 8 sampai 10 meter. Titanichthys memiliki mulut yang lebih besar dengan gigi tumpul sehingga diperkirakan makhluk ini adalah nenek moyang paus bungkuk yang menyaring makanan dari lautan.

9. Aegirocassis

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Aegirocassis yang memiliki bentuk seperti alien ini merupakan salah satu predator dari era Kambrium. Arthropoda ini mencapai panjang 2,1 meter dan kemungkinan merupakan hewan terbesar di dunia ketika hidup selama Ordovisium Awal sekitar 480 juta tahun yang lalu.

Sepintas, aegirocassis seperti udang besar yang mengerikan dengan dua pasang sayap renang dan duri depan menjuntai dari mulutnya. Namun, tidak seperti nenek moyangnya sebelumnya, aegirocassis kemungkinan besar merupakan filter feeder, karena ukurannya.