9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Sabtu, 20 November 2021 - 18:04 WIB
loading...
A A A
Selama periode Permian, antara 252 dan 299 juta tahun yang lalu, reptil dan amfibi darat berkembang dengan baik. Saat itu scutosaurus raksasa berkeliaran di Bumi, masih jutaan tahun sebelum dinosaurus mengambil tempat mereka sebagai hewan darat yang dominan.

Scutosaurus adalah reptil yang sangat besar pada masanya, makhluk yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dan memiliki tengkorak kepala selebar 50 cm.

Namanya scutosaurus berarti 'kadal perisai', karena tubuhnya memiliki lapisan keras dan berbagai duri yang menghiasi tengkoraknya. Namun, terlepas dari penampilannya yang tangguh, scutosaurus adalah herbivora yang lamban.

7. Dimetrodon Angelensis

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui


Orang sering salah mengira dimetrodon sebagai dinosaurus tetapi mereka sama sekali berbeda. Hewan Permian ini lebih dekat hubungannya dengan mamalia daripada reptil atau burung.

Spesies terbesar yang diketahui adalah dimetrodon angelensis, osalah satu pemangsa puncak paling besar pada masanya ketika hidup sekitar 295 juta tahun yang lalu.

Dengan panjang 4,6 meter, makhluk purba ini diketahui hidup di daerah rawa, kemungkinan memakan serangga raksasa serta mangsa lainnya. Dimetrodon adalah salah satu yang paling sukses (dan terbesar) dari semua hewan yang hidup sebelum dinosaurus.

8. Titanichthys

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui


Ikan Titanichthys adalah salah satu hewan terbesar dari semua ikan prasejarah yang hidup sebelum jaman dinosaurus. Ikan ini memiliki kulit tebal dan hidup sekitar 360 juta tahun yang lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)