9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Sabtu, 20 November 2021 - 18:04 WIB
loading...
A A A
9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui


Hewan ini termasuk ikan purba yang diketahui hidup sebelum jaman dinosaurus. Ikan purba ini tidak memiliki rahang dan diperkirakan hidup di laut era Ediacaran atau sekitar 535 juta tahun yang lalu.

Tidak seperti hampir semua hewan lain yang berasal dari era itu, haikouichthys tidak memiliki kepala dan ekor yang berbeda namun bentuknya hampir menyerupai ikan modern.

3. Astraspis

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui


Ikan tanpa rahang mulai berkembang pesat sejak awal ledakan Kambrium dan menyimpang ke dalam berbagai kelas dalam prosesnya. Salah satu yang paling aneh di antara mereka adalah astraspis, ikan yang bercirikan kepala besar dan tubuh berlapis baja.



Ikan ini hidup sekitar 450 juta tahun yang lalu selama Ordovisium ketika kehidupan hewan masih sepenuhnya terbatas pada lautan tropis luas yang menutupi sebagian besar dunia.

Astraspis mungkin masih kerabat jauh dengan haikouichthys, tetapi badannya jauh lebih besar dengan panjang sekitar 20 cm. Kemungkinan Astrapis mengembangkan lapisan pelindungnya untuk mempertahankan diri dari predator puncak saat itu.

4. Pneumodesmus Newmani
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)