Liontin Emas Kuno Mirip Milik Ratu Mesir Nefertiti Ditemukan di Siprus

Senin, 13 Desember 2021 - 18:32 WIB
loading...
A A A
Tim arkeologi menentukan tanggal perhiasan emas dengan membandingkannya dengan temuan serupa dari Mesir. Perbandingan menunjukkan bahwa sebagian besar objek berasal dari zaman Ratu Mesir Nefertiti dan suaminya Echnaton yang merupakan ayah Raja Tutankhamun, sekitar tahun 1350 SM.

Fischer juga menunjukan sebuah liontin emas berbentuk bunga teratai bertahtakan batu permata yang pernah dipakai sang ratu. "Nefertiti pernah memakai perhiasan serupa," katanya.

Tim penggalian juga menemukan segel berbentuk silinder yang dibuat dari hematit, mineral dengan warna metalik. Segel itu memuat prasasti runcing dari Mesopotamia atau Irak.



Segel itu berisi teks yang terdiri dari tiga baris dan menyebutkan tiga nama, satu adalah Amurru, dewa yang disembah di Mesopotamia. Dua lainnya adalah raja-raja bersejarah, ayah dan anak, yang baru-baru ini berhasil dilacak dalam teks-teks lain pada lempengan tanah liat dari periode abad ke-18 SM.

"Kami saat ini mencoba mencari tahu mengapa segel itu berakhir di Siprus, lebih dari 1.000 kilometer dari tempat pembuatannya," katanya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)