Kebakaran Hutan Langka Terjadi di Colorado AS, 30.000 Orang Mengungsi

Jum'at, 31 Desember 2021 - 09:15 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Langka Terjadi di Colorado AS, 30.000 Orang Mengungsi
Asap kebakaran hutan Middle Fork dan Marshall membumbung ke udara utara Denver pada Kamis, 30 Desember 2021. Foto/gizmodo/ap
A A A
LOUISVILLE - Lebih dari 30.000 penduduk dari kota Superior dan Louisville di Boulder County, negara bagian Colorado, Amerika Serikat (AS) mengungsi akibat kebakaran hutan Middle Fork dan Marshall. Ini juga merupakan kejadian langka yang aneh di Colorado dan sudah dua kali terjadi dalam beberapa bulan.

Pada pertengahan November 2021, kebakaran hutan muncul di pegunungan dekat pintu gerbang ke Taman Nasional Gunung Rocky. Kejadian kebakaran hutan cukup aneh karena lokasi ini biasanya pada bulan November penuh dengan salju.

Pihak berwenang di Boulder Office of Emergency Management (OEM) menyebutkan sekitar 13.000 penduduk di kota Superior dan 21.000 orang di kota Louisville, keduanya di dekat Denver, mengungsi dalam beberapa jam terakhir. (Baca juga; Rekor Tertinggi, Suhu di Alaska Tembus 19 Derajat Celcius )

“Boulder OEM mendapat banyak telepon dari warga yang melihat kebakaran. Jika Anda melihat kebakaran, evakuasi. Pergi ke timur, pergi ke utara, secepat mungkin, ”tulis Boulder OEM di situsnya pada siang hari waktu setempat.

Sebuah video dari reporter KMGH-TV lokal di dekat Home Depot di Louisville merekam pemandangan yang tampak seperti dari dunia lain. Asap menutupi area itu seperti selimut tebal, sementara angin bertiup menimbulkan suara mengerikan dan mengguncang pepohonan. Rekaman lain menunjukkan banyak bangunan terbakar saat angin bertiup melalui pepohonan.

Pemandangan ini telah menjadi hal yang biasa di musim panas ketika krisis iklim menyebabkan wilayah Barat terbakar. Intensitas dan lokasi kebakaran ini dikenal sebagai wilayah antarmuka hutan belantara-urban. (Baca juga; Misteri Kawah Gunung Berapi Superbesar di Bawah Alaska Bikin Penasaran Para Ilmuwan )

Gubernur Colorado Jared Polis Gubernur telah mengumumkan keadaan darurat. Gubernur mengatakan kebakaran hutan Middle Fork dan Marshall dipicu dari rumput yang terbakar akibat angin kencang di Front Range. (Baca juga; 37 Tornado Gulung 6 Negara Bagian AS, Renggut 100 Jiwa dan Kerusakan Seluas 400 Km )

“Doa untuk ribuan keluarga yang mengungsi dari kebakaran di (kota) Superior dan Boulder County. Angin kencang menyebarkan api dengan cepat dan semua pesawat dilarang terbang,” kata Gubernur Polis di Twitter dikutip SINDOnews dari laman gizmodo.com, Jumat (31/12/2021).

Serangkaian kebakaran hutan pada bulan Desember 2021 yang langka ini, ditambah angin kencang berkekuatan lebih dari 169 km per jam (105 mph) membuat ribuan orang di Colorado Utara dievakuasi pada Kamis 30 Desember 2021. Ini adalah bencana cuaca aneh terbaru yang menyebabkan kekacauan di bulan Desember.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)