Finlandia Bikin Kuburan Limbah Nuklir Sedalam 500 Meter, Aman Sampai 100.000 Tahun

Selasa, 15 Maret 2022 - 11:43 WIB
loading...
Finlandia Bikin Kuburan Limbah Nuklir Sedalam 500 Meter, Aman Sampai 100.000 Tahun
Finlandia membangun kuburan untuk pembuangan limbah nuklir yang aman di Desa Eurajoki, Satakunta, Finlandia Barat. Foto/bgr/Posivia
A A A
HELSINKI - Finlandia membangun kuburan untuk pembuangan limbah nuklir yang aman di Desa Eurajoki, Satakunta, Finlandia Barat. Kuburan ini berada jauh di bawah tanah, sedalam 500 meter, agar aman sampai 100.000 tahun menyimpan limbah nuklir.

Tempat pembuangan nuklir permanen itu disebut Onkalo, yang dalam bahasa Finlandia berarti "lubang dalam". Jika semua prosedur berjalan lancar dalam beberapa tahun ke depan, situs tersebut akan menjadi rumah bagi batang bahan bakar uranium bekas yang sudah terbungkus dalam tong tembaga.

Dikutip dari laman bgr.com, Selasa (15/3/2022), Finlandia dalam beberapa dekade terakhir serius mencari cara untuk pembuangan limbah nuklir yang aman. Sebab, Finlandia memiliki 3 pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menghasilkan 40 persen energi negaranya.



Pembuatan kuburan untuk menyimpan limbah nuklir di bawah tanah ini memberikan rasa aman bagi warga Finlandia dari bahaya radiasi. Apalagi situs ini berada di pedesaan di pulau Olkiluoto, yang terletak di lepas pantai barat Finlandia

Berkat lapisan batuan dasar yang dalam yang terletak di bawah pulau, Finlandia membuat pembuangan nuklir permanen. Finlandia berencana untuk mengubur limbah nuklirnya, hampir 500 meter di bawah permukaan tanah.

Finlandia bukan hanya mengubur begitu saja, limbah nuklir dimasukkan dalam bejana besi terlebih dahulu. Kemudian dimasukkan dalam bejana itu ke lapisan gas argon inert dan membungkus seluruh pengaturan dalam tong tembaga. Tong itu kemudian dilas, untuk mengunci limbah nuklir di dalamnya.



Tentu saja, beberapa masih memiliki kekhawatiran tentang korosi. Para ahli di Posiva Solutions, sebuah perusahaan yang terlibat dalam lokasi pembuangan nuklir permanen di Olkiluoto, mengatakan bahwa setiap air yang masuk ke tong harus melarutkan oksigen, sehingga akan menghentikan korosi yang ditimbulkannya.

Karena air adalah musuh limbah nuklir, Finladia membangun situs tersebut dari batu yang padat dan kedap air. Itulah alasan lain mengapa limbah nuklir itu dikubur sangat dalam. Lokasiya juga jauh dari dua garis patahan untuk menghindari masalah jika terjadi gempa bumi.
Finlandia Bikin Kuburan Limbah Nuklir Sedalam 500 Meter, Aman Sampai 100.000 Tahun


Posivia merencanakan uji coba terakhir untuk lokasi tersebut pada tahun 2023. Perusahaan berharap dapat mulai mengisinya dengan limbah mulai tahun 2024 atau 2025. Posivia mengharapkan situs tersebut menjadi tempat penyimpanan limbah nuklir yang aman dan terjamin setidaknya untuk 100.000 tahun ke depan.

Finlandia bukan negara pertama yang mencoba membuat situs pembuangan nuklir permanen. Namun, ini adalah yang pertama berhasil diwujudkan. Amerika Serikat dan Prancis sama-sama berusaha membuat lokasi yang mirip dengan situs Olkiluoto. Namun, proyek-proyek ini sering terhambat oleh kurangnya penerimaan masyarakat.

Padahal di seluruh dunia ada lebih dari 400 pembangkit listrik tenaga nuklir dan belum memiliki situs pembuangan nuklir permanen. Sebaliknya, limbah nuklir telah disimpan di berbagai jenis tangki atau diubah menjadi kaca menggunakan vitrifikasi. Jepang bahkan punya rencana untuk membuang limbah nuklir ke laut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)