Sejarah Bom Nuklir

Senin, 28 Maret 2022 - 18:12 WIB
loading...
A A A
Pihak Amerika Serikat (AS) pun marah, akhirnya menyerang Jepang. Serangan yang mengakibatkan ratusan ribu orang tewas ini menjadi pemicu berakhirnya Perang Dunia II.



Kemudian pada 1961, Tsar Bomba diuji ledak. Tsar Bomba merupakan bom nuklir yang dikembangkan Uni Soviet di era perang dingin. Mempunyai nama asli RDS-220, bom ini dikenal juga dengan sebutan Big Ivan.

Tsar Bomba dibuat oleh kelompok fisikawan Uni Soviet, salah satunya Andrei Sakharov. Pembuatan Tsar Bomba ini dilakukan untuk menunjukkan kekuatan Uni Soviet kepada Amerika Serikat.

Awalnya Tsar Bomba mempunyai daya ledak mencapai 100 megaton. Namun daya ledak tersebut dikurangi hingga 50 megaton. Mempunyai berat 27 ton dan panjang 8 meter, Tsar Bomba diangkut menggunakan pesawat yang telah dimodifikasi.



Ketika itu, Andrey Durnovtsev ditugaskan menjadi pilot pesawat tersebut untuk melakukan uji coba. Uji coba dilakukan pada 30 Oktober 1961, sekitar pukul 11.32 waktu Moskow. Akibat dijatuhkannya Tsar Bomba ini, sebuah pulau tak berpenghuni, Severny, sangat terdampak.

Bangunan yang berada di area lebih dari 160 kilometer juga mengalami kerusakan. Selain itu, panas dari ledakan ini menyebabkan luka bakar level tiga.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)