5 Ilmuwan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Nomor 3 Pernah Menjabat Presiden RI

Kamis, 16 Juni 2022 - 17:07 WIB
loading...
5 Ilmuwan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Nomor 3 Pernah Menjabat Presiden RI
Prof. Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie salah satu ilmuwan Indonesia yang terkenal dan pernah menjabat sebagai Presiden Ketiga Republik Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah ilmuwan Indonesia dikenal dan sukses di luar negeri karena berbagai prestasi yang berhasil ditemukan. Bahkan hasil penemuan para ilmuwan Indonesia yang sukses di luar negeri banyak dipakai secara luas.

Kesuksesan para ilmuwan Indonesia tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan menunjukkan kontribusi bagi ilmu pengetahuan. Dari banyak ilmuwan Indonesia yang terkenal dan sukses di luar negeri, berikut 5 di antaranya yang dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber.

1. Johny Setiawan
5 Ilmuwan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Nomor 3 Pernah Menjabat Presiden RI

Foto/Wikipedia

Johny Setiawan lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1974 adalah seorang astronom dan astrofisikawan yang dikenal sebagai penemu banyak planet ekstrasurya. Johny Setiawan adalah astronom asal Indonesia yang bekerja sebagai peneliti di Departemen Pembentukan Bintang dan Planet, Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg, Jerman.

Johny menyelesaikan studi doktoralnya di Albert Ludwigs University of Freiburg, Jerman. Dia dikenal karena telah menemukan lebih dari 15 planet baru di tata surya, yaitu HD-47536b, HD 11977b, TW Hydrae b dan masih banyak lagi di tahun 2010.

Salah satu planet yang berhasil ditemukan dijadikan sebagai salah satu planet Top 10 Science Discoveries dalam edisi majalah TIME. Dia adalah satu-satunya ilmuwan non-Jerman yang mengepalai proyek tim di Institut Astronomi Max Planck di Heidelberg, Jerman.

Baca juga; Membanggakan, Nama 6 Astronom Indonesia Diabadikan di Asteroid

2. Yogi Ahmad Erlangga
5 Ilmuwan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Nomor 3 Pernah Menjabat Presiden RI

Foto/Blog Penemu

Yogi Ahmad Erlangga lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 8 Oktober 1974 dan dikenal sebagai ilmuwan yang berhasil memecahkan Persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Rumus ini dikenal sangat sulit dan hampir 30 tahun sulit dipecahkan.

Yogi Ahmad Erlangga, melalui riset doktoralnya, berhasil memecahkan rumus persamaan Helmholtz dengan predikat summa cumlaude pada tahun 2010 di Delft University of Technology (DUT), Belanda. Formula ini memungkinkan para insinyur untuk secara efektif dan mudah menemukan minyak dari bumi dengan menghitung gelombang elektromagnetik di dalamnya secara akurat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2035 seconds (11.97#12.26)