Fakta Baru Megalodon: Bisa Telan Hiu Putih Raksasa Sekali Hap

Minggu, 21 Agustus 2022 - 09:26 WIB
loading...
A A A
”Pada 1860-an, kami menemukan sesuatu yang menakjubkan: tulang belakang megalodon yang sangat terawat dan sebagian besar utuh,” katanya. ”Ini menarik, karena kerangka Megalodon terbuat dari tulang rawan, jadi mereka jarang memfosil. Kolom tulang belakang Megalodon dari Royal Belgian Institute of Natural Sciences adalah fosil yang unik,” tambah Jack.

Sekarang, hiu bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Megalodon dianggap sangat mirip dengan hiu putih (Carcharodon carcharias), meskipun kedua spesies tersebut tidak termasuk dalam keluarga hiu yang sama.

Jack Cooper dan timnya mulai dengan pengukuran dan pemindaian setiap tulang belakang. Pemindaian ini menjadi dasar rekonstruksi seluruh tulang belakang Megalodon.
Selanjutnya, mulut penuh gigi ditambahkan dari pemindaian gigi megalodon di Amerika. Akhirnya, pemindaian 3D hiu putih dari Afrika Selatan digunakan untuk mengisi tubuh di sekitar tulang belakang dan rahang yang direkonstruksi.

”Berat badan adalah salah satu ciri paling penting dari hewan apa pun,” kata ahli biomekanik evolusioner John Hutchinson dari Royal Veterinary College di Inggris. ”Untuk hewan yang punah, kami dapat memperkirakan massa tubuh dengan metode pemodelan digital 3D modern dan kemudian membangun hubungan antara massa dan sifat biologis lainnya seperti kecepatan dan penggunaan energi,” ia menambahkan.

Kecepatan jelajah Megalodon, diperkirakan lebih dari 5 kilometer (3,1) per jam, dibandingkan 3 kilometer per jam untuk hiu putih. Fosil Megalodon di Belgia, kemungkinan panjangnya sekitar 16 meter. Dan diperkirakan bisa tumbuh hingga 20 meter.

Mulut Megalodon akan mampu membuka hingga 1,8 meter. Lalu, punya kapasitas perut sekitar 9,6 meter kubik. Dari metrik ini, tim menyimpulkan bahwa hewan mangsa dengan panjang sekitar 8 meter---seukuran orca dewasa--dapat sepenuhnya dikonsumsi oleh Megalodon hanya dalam lima gigitan.

Beban kalori dari makanan seperti itu akan cukup untuk menopang Megalodon selama dua bulan saat ia berenang di lautan. Mirip hiu putih, yang bisa bertahan satu atau dua bulan tanpa makan jika mereka mendapat makanan yang cukup besar.



”Hasil ini menunjukkan bahwa hiu raksasa Megalodon adalah pemangsa super-apex trans-samudera,” kata ahli paleobiologi Catalina Pimiento dari Universitas Zurich di Swiss. ”Kepunahan hiu raksasa ikonik ini kemungkinan berdampak pada transportasi nutrisi global dan melepaskan cetacea besar dari tekanan predator yang kuat,”.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)