10 Hewan Paling Mematikan yang Hidup di Bumi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Sama seperti spesies lain yang tidak terlalu mengancam yang telah disebutkan, bukan siput yang membunuh manusia secara langsung, tetapi penyakit yang ditularkannya.

Menurut perkiraan WHO, beberapa juta orang didiagnosis dengan infeksi parasit yang disebut schistosomiasis setiap tahun dan antara 20.000 dan 200.000 dari kasus tersebut berakibat fatal.

Schistosomiasis menyebabkan sakit perut yang parah dan darah dalam urin orang yang terinfeksi, tetapi umumnya tidak berakibat fatal di luar negara berkembang.

3. Anjing atau Serigala

Serangan anjing telah menyebabkan 30-50 kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Banyak dari penganiayaan ini dihasilkan dari satu anjing tunggal, namun sering kali anjing keluarga atau milik tetangga juga. Pembunuhan lainnya berasal dari kawanan anjing liar.

Pertemuan anjing dan serigala yang fatal secara langsung sangat jarang dibandingkan dengan jumlah kematian akibat infeksi rabies yang ditularkan oleh anjing.

Beberapa kawanan serigala juga secara aktif memburu manusia di India dan menyebabkan lebih dari 200 kematian per tahun pada abad ke-18 dan 19, tetapi 40.000-50.000 kematian setiap tahun disebabkan oleh virus rabies saja.

Sekali lagi, sebagian besar kematian tersebut terjadi di luar negara-negara dunia pertama dan merupakan akibat dari kurangnya perawatan medis tingkat lanjut. Penularan rabies dari spesies serigala jauh lebih rendah daripada dari anjing.

2. Ular

Ular menyumbang lebih dari 100.000 kematian per tahun berdasarkan perkiraan konservatif. Kekurangan antivenin di seluruh dunia serta lokasi terpencil yang dihuni oleh beberapa spesies ular paling berbisa semuanya berkontribusi pada tingginya angka kematian ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3625 seconds (0.1#10.140)