6 Fakta Menarik Selat Gibraltar, Tempat yang Menghubungkan Dua Perairan dan Pernah Disebut dalam Al Qur’an

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
loading...
A A A
3. Punya Layanan Penyeberangan Antar Benua

Selat Gibraltar dikenal sebagai penghubung maritim antara benua Afrika dan Eropa. Dalam hal ini, terdapat banyak layanan seperti kapal feri yang melintas di berbagai pelabuhan setiap pantai.

Namun, sebelum itu perlu diperhatikan bahwa jalur penyebrangan tersebut juga banyak dilalui kapal besar dengan jenis yang beragam. Sehingga demi keamanan Anda juga harus memperhatikan jadwal keberangkatannya.

Baca juga : Ditahan di Gibraltar, Begini Penampakan Kapal Pesiar Super Mewah Milik Miliarder Rusia

4. Salah Satu Selat Terpadat di Dunia

Berstatus sebagai penghubung antara Mediterania dan Atlantik, selat Gibraltar juga cukup sibuk. Tercatat, selalu ada kapal besar yang melewati selat setiap 5 menit sekali. Hal ini belum termasuk kapal kecil dan kapal pesiar yang juga melintas.

Salah satu alasan terbesar yang membuat selat ini ramai adalah letak geografisnya yang strategis. Dalam hal ini, terdapat akses penting ke kawasan perdagangan di sepanjang Laut Mediterania dan negara-negara sekitarnya. Sehingga, apabila diblokir, maka arus perdagangan maritim global akan terganggu dan berpotensi berhenti.

5. Ada Wacana Pembuatan Terowongan Bawah Laut Antar Benua

Sebagai jalur sibuk, terdapat cukup banyak kapal dan layanan maritim lain yang beroperasi di selat Gibraltar. Seiring waktu, muncul wacana untuk membuat terowongan bawah laut yang bisa menghubungkan kedua benua.

Berawal dari tahun 1979, rencana tersebut belum bisa terealisasi karena material dasar selat yang sulit di bor. Seiring berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin proyek tersebut akan berhasil dilakukan di masa mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)