7 Kejadian Aneh tentang Ular, Nomor 5 Paling tidak Masuk Akal

Jum'at, 30 Desember 2022 - 21:12 WIB
loading...
7 Kejadian Aneh tentang Ular, Nomor 5 Paling tidak Masuk Akal
Ular, apa pun jenisnya, merupakan reptil yang paling menarik, aneh, sekaligus menakutkan di planet ini. Foto/Live Science
A A A
JAKARTA - Ular , apa pun jenisnya, merupakan reptil yang paling menarik, aneh , sekaligus menakutkan di planet ini. Banyak kisah tentang ular yang mengejutkan sepanjang tahun 2022, bahkan nyaris di luar nalar.

Mulai dari ular raja timur yang menelan ular derik kayu hampir dua kali ukurannya hingga pertempuran sengit antara kobra berbisa dan anak laki-laki berusia 8 tahun. Berikut tujuh cerita aneh tentang ular yang mengejutkan dari tahun 2022 dirangkum dari laman Live Science, Jumat (30/12/2022).

1. Penemuan Piton Burma Raksasa di Florida
7 Kejadian Aneh tentang Ular, Nomor 5 Paling tidak Masuk Akal


Menggunakan ular sanca yang lebih kecil sebagai umpan, para peneliti di Everglades berhasil memancing ular piton Burma betina besar (Python bivittatus) dari habitatnya yang berawa. Penemuan reptil ini memecahkan rekor, karena berukuran panjang 5,5 meter dan berat 98 kilogram.



Ini adalah ular piton terbesar yang pernah tercatat di negara bagian tersebut. Kebanyakan ular piton Burma jauh lebih kecil, panjangnya 2 sampai 3 meter. Piton Burma dianggap sebagai spesies invasif di Florida.

2. Ular Mati Tersedak Kelabang Raksasa
7 Kejadian Aneh tentang Ular, Nomor 5 Paling tidak Masuk Akal


Tersedak ternyata bukan hanya terjadi pada manusia. Ular pun bisa tersedak, bahkan sampai menyebabkan kematian. Kisah ini nyata, seekor ular rim rock bermahkota (Tantilla oolitica), yang dianggap langka di Amerika Utara, ditemukan mati di John Pennekamp Coral Reef State Park di Key Largo, Florida.

Hal yang membuat para peneliti terkejut, ular itu mati akibat tersedak kelabang raksasa yang bersarang di mulut dan di tengah kerongkongannya. Kelabang raksasa itu, tampak coba ditelan ular dengan bagian kepala lebih dulu. Meskipun mangsanya berukuran sepertiga ukurannya, ular itu kalah dalam pertempuran, menyerah pada racun kelabang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)