Sibak Rahasia Tata Surya, NASA Jalani Mission Impossible Comot Batu Asteroid

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 01:12 WIB
NASA menginginkan setidaknya 60 gram batuan dan debu -tetapi jarak yang dekat akan cukup baik. “Jika 58 gram, kami menyimpannya dan pulang,” kata Lauretta.

Jika pesawat ruang angkasa mengumpulkan 40 gram atau kurang, maka para ilmuwan kemungkinan besar akan mengembalikannya ke lokasi kedua di Bennu, yang disebut Osprey, untuk mengambil lebih banyak lagi.

Pengambilan sampel di Osprey mungkin akan terjadi pada bulan Januari. Terlepas dari itu, pesawat ruang angkasa itu akan meninggalkan Bennu pada bulan Maret 2021, dan pada akhirnya akan mendarat di Bumi dengan muatannya yang berharga pada 2023.

Anatomi Asteroid

Bennu telah melalui banyak hal dalam 'hidupnya'. Asteroid terbentuk antara sekitar 100 juta tahun dan 1 miliar tahun lalu, ketika memisahkan diri dari tubuh 'induk' yang lebih besar selama tabrakan kosmik di sabuk asteroid tata surya. Tapi Bennu tetap mempertahankan jejak induknya.

Saat mengorbit asteroid, OSIRIS-REx mendeteksi bahwa beberapa batu besar di Bennu tertembak melalui urat bahan kaya karbon kuno yang dikenal sebagai karbonat. Karbonat mungkin terbentuk ketika es mencair dan menetes melalui tubuh induknya, menyebabkan reaksi encer di dalam bebatuannya.

“Saya terkejut saat melihat urat-urat ini," kata Hannah Kaplan, ilmuwan planet di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Mereka berukuran lebar sentimeter dan dapat membentang lebih dari satu meter -jauh lebih besar dari urat karbonat yang terlihat di beberapa meteorit.

Menurut Lauretta, urat-urat besar menunjukkan bahwa tubuh induk Bennu pernah memiliki sistem air panas yang sangat besar yang mengalir melaluinya -yang berarti bahwa ia memiliki banyak geologi aktif. Beberapa fragmen karbonat ini mungkin tergeletak di tanah di Nightingale dan diambil oleh OSIRIS-REx.

Para peneliti berencana membandingkan sampel Bennu dengan yang saat ini dalam perjalanan kembali ke Bumi dari Ryugu, asteroid lebih besar yang dikunjungi pesawat ruang angkasa Hayabusa2 JAXA tahun lalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More