Dilapisi Kulit Misterius, Pesawat Tempur F-35 dan F-117 Terlihat Seperti Cermin Terbang

Senin, 24 Januari 2022 - 08:45 WIB
Namun, penggunaan kulit misterius pada pesawat F-35 merupakan yang pertama kali. Ini pun baru diaplikasikan pesawat uji F-35C dari Air Test and Evaluation Squadron Nine (VX-9), milik salah satu unit uji utama Angkatan Laut dari Naval Air Weapons Station (NAWS) China Lake.

Foto pengujian lapisan kulit miterius pada pesawat VX-9 F-35C diabadikan oleh fotografer penerbangan Elijah Delgadillo, (Instagram @eli_aviation), pada 20 Januari 2022. Bidikan foto-foto ini diambil di sepanjang rute tingkat rendah Sidewinder di Taman Nasional Sequoia di California.

(Baca juga; Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia )

Belum ada keterangan resmi dari instansi terkait soal uji coba lapisan misterius pada sejumlah pesawat tempur AS. Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, lapisan kulit misterius itu diperkirakan untuk mengurangi keefektifan Sistem Pencarian dan Pelacakan Inframerah (Infrared Search and Track atau IRST). Apalagi sistem IRST saat ini begitu berkembang pesat di dunia dan digunakan banyak pesawat tempur beberapa negara.

IRST sebenarnya adalah sensor pasif, namun mampu mendeteksi pesawat berteknologi siluman, seperti F-22 Raptor, F-117, dan F-35. Jelas ini menjadi tantangan berat bagi pesawat berteknologi siluman, apalagi perangkat IRST sudah diintegrasikan dalam sistem tempur pesawat lawan. IRST pun sudah mulai banyak diaplikasikan pada pesawat tak berawak atau drone tempur.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More