Perang dengan Rusia, Ini Rahasia Ukraina Sukses Gunakan Drone Tempur Bikinan Turki

Sabtu, 19 Maret 2022 - 10:06 WIB


Ukraina dikabarkan memiliki sekitar 20 unit drone tempur Bayraktar TB2 dan setidaknya sudah kehilangan satu drone pada hari pertama perang dengan Rusia. “Dua puluh drone tidak cukup untuk mengakhiri pertempuran, bahkan jika mereka sangat efektif," kata Mark Cancian, dari Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington dikutip SINDOnews dari laman NDTV.

Meskipun tidak jelas apakah semua pilot Aerorozvidka menggunakan drone yang sama, kemungkinan mereka juga dapat segera menggunakan drone buatan Amerika Serikat. Apalagi pemerintahan Joe Biden mengumumkan minggu ini bahwa AS akan memasukkan “100 Sistem Udara Tak Berawak Taktis” dalam paket bantuan yang akan datang.



Menurut NBC, sistem udara tersebut kemungkinan merupakan salah satu dari dua jenis drone yang dikenal sebagai Switchblades, yang dapat mencapai target bermil-mil jauhnya dengan akurasi yang mematikan. Menempatkan Switchblades, yang sebenarnya merupakan bom "kamikaze" sekali pakai, di tangan Aerorozvidka bisa dibilang hanya akan membantu negara mempertahankan diri.



Hanya ada satu masalah. Para ahli marah atas penggunaan drone pembunuh serupa oleh Rusia yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memutuskan siapa yang hidup atau mati. Sejauh ini, tidak ada reaksi yang signifikan terhadap AS karena mengirim Switchblades ke Ukraina. Namun, beberapa ahli khawatir tentang kemungkinan memicu perang nuklir.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More