Mengenal 7 Firaun yang Paling Terkenal dan Berpengaruh dalam Sejarah Mesir

Rabu, 18 Mei 2022 - 15:59 WIB


Thutmose III adalah anak dari Hatshepsut. Dia mengambil alih kekuasaan saat ibunya meninggal pada tahun 1458 SM. Setelahnya, dia mulai memerintah hingga 1425 SM.

Dalam tugasnya sebagai Firaun, dia mendapat reputasi sebagai seorang jenius militer. Terkadang, bahkan Egyptologist menyebutnya sebagai Napoleon dari Mesir. Thutmose III tidak pernah kalah dalam pertempuran dan eksploitasi militernya menjadikan dirinya banyak mendapat hormat dari rakyatnya.



5. Akhenaten



Putra Amenhotep III ini awalnya bernama Amenhotep IV. Namun, dia mengubah namanya menjadi Akhenaten sesuai keyakinan monoteistik radikalnya. Arti nama barunya ini adalah ‘ Dia yang melayani Aten (Dewa Matahari) ’.

Keyakinan agama Akhenaten ini membuatnya memindahkan ibukota mesir dari Thebes ke Amarna dan menamakannya Akhetaten atau Horizon of Aten. Istrinya yang bernama Nefertiti turut memainkan peran penting dalam revolusi agama suaminya.

Selain menjadi istri Firaun Kuno, Nefertiti juga terkenal berkat patung batu kapurnya. Ini adalah salah satu karya seni Mesir kuno dan dapat ditemukan di Museum Neues.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More