5 Hewan yang Bisa Berkembang Biak Sendiri, Nomor 3 Semua Betina

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:49 WIB
Hidra, sejenis organisme air tawar kecil yang berasal dari daerah beriklim sedang dan tropis, dikenal karena “tunas” aseksualnya. Hidra mengembangkan tunas pada tubuh silinder mereka yang akhirnya memanjang, mengembangkan tentakel, dan mencubit untuk menjadi individu baru.

Mereka menghasilkan tunas setiap beberapa hari tergantung pada lingkungan mereka, dan sejauh yang diketahui para ilmuwan, tidak menua. Ahli zoologi percaya bahwa hidra pertama kali berkembang sekitar 200 juta tahun yang lalu selama Pangea, jadi mereka hidup sezaman dengan dinosaurus.



5. Semut



Beberapa semut memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara seksual dan aseksual. Dalam kasus semut tukang kayu hitam biasa, telur yang dibuahi akan menjadi pekerja wanita, sedangkan telur yang tidak dibuahi menjadi jantan.

Mycocepurus smithii, spesies semut pemanen jamur yang tersebar di seluruh wilayah Neotropis, diyakini sepenuhnya aseksual di sebagian besar populasinya. Sebelum penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, semut ini dianggap sepenuhnya aseksual. Ini cukup mengesankan mengingat semut yang paling banyak tersebar dan terpadat dari semua semut yang menumbuhkan jamur.

(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More