7 Hewan yang Digunakan dalam Peperangan, Nomor Terakhir Bisa Deteksi Ranjau Laut

Senin, 28 November 2022 - 21:37 WIB
Anjing mungkin sahabat manusia, tapi mereka juga bisa menjadi lawan yang menakutkan. Anjing perang pertama mungkin adalah anjing pemburu yang bergabung dengan tuannya dalam penggerebekan di komunitas manusia yang bermusuhan.

Sejak itu, ras anjing besar telah bertugas di medan perang, sebagai pengintai dan penjaga pertahanan untuk semua orang dari Mesir kuno hingga penduduk asli Amerika. Salah satu kisah paling awal tentang anjing yang berkelahi dalam pertempuran berasal dari kerajaan awal Lydia di Asia Kecil sekitar 600 SM.

Legiun Romawi membiakkan anjing perang dari ras mirip mastiff kuno yang dikenal sebagai Molloser. Mereka terutama digunakan sebagai pengawas atau pengintai, tetapi beberapa dilengkapi dengan kerah berduri dan baju besi, dan dilatih untuk bertarung dalam formasi.



Anjing perang saat ini terutama terbatas pada peran medan perang sebagai pembawa pesan, pelacak, pengintai, dan penjaga bersama penangan manusia. Mereka juga digunakan dalam tugas-tugas kepolisian militer, seperti anjing pelacak bom militer AS di Afghanistan dan Irak.

6. Kuda



Tidak ada hewan lain yang berperan begitu besar dalam sejarah peperangan selain kuda. Para arkeolog telah menemukan bukti penggunaan kuda oleh pengembara sejak 5.000 tahun yang lalu di stepa Asia Tengah dan Eropa Timur, di mana diperkirakan kuda pertama kali dijinakkan.

Beberapa gundukan pemakaman "kurgan" melintasi area dari Ukraina ke Kazakhstan, beberapa berasal dari tahun 3000 SM, berisi sisa-sisa kuda yang dikorbankan. Kuda itu dikuburkan di samping pemiliknya, bersama dengan tali kekang, pelana, dan senjata.

Penggunaan kuda dalam perang juga didokumentasikan dalam sejarah kuno, termasuk War Panel of the Standard of Ur, dari kota Sumer di Mesopotamia sekitar tahun 2500 SM. Diperlihatkan kuda atau keledai menarik gerobak beroda empat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More