Ini Kereta Kuda Nahas yang Tewaskan Firaun Tutankhamun, Modern di Zamannya

Selasa, 20 Juni 2023 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Keberadaan kanopi itu juga membantahkan teori sebelumnya yang menduga bahwa penggunaan kanopi di kereta kuda baru dikenalkan di era Ramses II, firaun yang berkuasa di Mesir, seratus tahun setelah Firaun Tutankhamun. Nyatanya Firaun Tutankhamun jauh lebih dulu memasang kanopi itu di kereta kuda kebanggaannya.

"Hal itu membuat kereta kuda milik Firaun Tutankhamun merupakan yang tertua di dunia menggunakan kanopi," jelas Nozomu Kawai.

Selain keberadaan kanopi, kereta kuda milik Firaun Tutankhamun dibuat dengan material yang istimewa. Bahan dasarnya memang kayu seperti kereta kuda pada umumnya.

Hanya saja kayunya diyakini bukan diambil dari pohon-pohon yang ada di Mesir tapi dari kawasan Timur Mediterania.

Istimewanya lagi kereta kuda itu dilapisi dengan emas sehingga membuat kendaraan itu tampil mencolok.

Dari segi dimensi kereta kuda milik Firaun Tutankhamun memiliki bagian penumpang berukuran lebar 1,02 meter dan panjang 44 sentimeter. Jika palang panjang di depan disertakan, panjang kendaraan adalah 2,03 meter.

Untuk kanopi diperkirakan memiliki ukuran lebar 98 cm, panjang 44 cm dan tinggi 2,01 meter. Kanopi itu memiliki 28 tulang rangka trapesium yang dapat dilipat. Rangka tersebut diyakini telah dilapisi oleh linen agar mudah dilipat.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)