Perbedaan Ledakan Nuklir Chernobyl dengan Hiroshima dan Nagasaki

Kamis, 20 Juli 2023 - 11:10 WIB
Dikutip dari laman ifl science, Kamis (20/7/2023), perbedaan lain terletak pada jumlah bahan fisil yang digunakan. Sebagian besar senjata nuklir dan reaktor nuklir menggunakan uranium yang diperkaya yang mengandung konsentrasi tinggi isotop uranium-235 (U-235).
Perbedaan Ledakan Nuklir Chernobyl dengan Hiroshima dan Nagasaki

Pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobyl, Ukraina.

Isotop khusus ini membentuk bahan bakar untuk reaktor dan merupakan bahan yang membuat bom meledak. Ini dicapai melalui fisi, di mana neutron digunakan untuk memisahkan atom U-235, yang membebaskan energi dalam jumlah besar.

Sebaliknya, reaktor pembangkit listrik nuklir menggunakan batang kendali untuk menyerap neutron sehingga reaksi berantai fisi dapat dipertahankan pada intensitas yang lebih rendah dan lebih lama. Reaktor pembangkit listrik nuklir juga menghasilkan produk sampingan nuklir tingkat tinggi yang sangat radioaktif.

Biasanya, ketika bahan bakar nuklir digunakan akan diganti dan disimpan di reaktor sampai dapat dibuang dengan aman atau didaur ulang untuk digunakan lebih lanjut. Namun, dalam kasus Chernobyl, ledakan tersebut melepaskan material ini ke atmosfer dan lingkungan sekitarnya.

Produk sampingan ini memiliki waktu paruh yang panjang, yang berarti mereka tetap berbahaya bagi manusia lebih lama. Inilah alasan wilayah Chernobyl belum bisa ditinggali kembali, berbeda dengan Hiroshima dan Nagasaki.