Mirip Nabi Sulaiman, AI Akan Membantu Manusia Bicara dengan Hewan

Senin, 21 Agustus 2023 - 12:14 WIB
loading...
A A A
“AI pada akhirnya bisa membawa kita ke titik di mana kita memahami hewan. Tapi itu rumit dan berjangka panjang, ”kata Karen Bakker, peneliti di University of British Columbia di Vancouver, Kanada.

Sedihnya, kata Bakker, waktu tidak ada di pihak kita untuk mempelajari hewan liar. Di seluruh planet ini, hewan menghadapi ancaman dari hilangnya habitat, perubahan iklim, polusi, dan lainnya. “Beberapa spesies bisa punah sebelum kita mengetahui bahasa mereka,” katanya.

Plus, tambahnya, ide berjalan-jalan dengan penerjemah hewan mungkin tampak keren. Tetapi banyak hewan mungkin tidak tertarik untuk mengobrol.

"Mengapa kelelawar ingin berbicara denganmu?" dia bertanya. Yang menarik baginya adalah apa yang bisa kita pelajari dari bagaimana kelelawar dan makhluk lain berbicara satu sama lain. “Kita harus mendengarkan alam untuk melindunginya dengan lebih baik,” katanya.

Misalnya, sistem yang dibuat untuk merekam paus atau gajah juga dapat melacak lokasinya. Ini dapat membantu menghindari paus dengan perahu atau melindungi gajah dari pemburu liar .

Saat melindungi hewan yang memiliki beberapa versi bahasa atau budaya, kita tidak hanya melestarikan alam. Herzing mengatakan bahwa lumba-lumba layak mendapatkan lingkungan yang sehat agar budaya mereka dapat berkembang. Di masa depan, alih-alih menebak apa yang mungkin dibutuhkan hewan, kita mungkin bisa bertanya kepada mereka.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3806 seconds (0.1#10.140)