NASA Jajaki Pembuatan Pesawat Penumpang Tercepat di Dunia, New York-London 1,5 Jam

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:49 WIB
loading...
A A A
Setelah kontrak ini selesai, menurut NASA, badan antariksa dan mitranya di industri dan akademisi kemudian akan menilai secara independen apakah akan melanjutkan penelitian dengan pendanaan sendiri atau tidak.

Pesawat tercepat di dunia sebelumnya, Concorde, dikembangkan dan diproduksi bersama oleh Aérospatiale dan British Aircraft Corporation (BAC) di bawah perusahaan Inggris-Prancis. 20 pesawat diproduksi termasuk enam prototipe dan pesawat pengembangan. Air France (AF) dan British Airways (BA) masing-masing menerima tujuh pesawat.

Penelitian dan pengembangan gagal menghasilkan keuntungan dan kedua maskapai penerbangan membeli pesawat tersebut dengan diskon besar. Di antara tujuan lainnya, Concorde menerbangkan penerbangan transatlantik reguler dari London Heathrow dan Bandara Paris Charles de Gaulle ke New York-JFK, Washington Dulles, dan Barbados. Maskapai ini menerbangi rute-rute ini dalam waktu kurang dari separuh waktu yang dibutuhkan maskapai lain.

Seiring waktu, pesawat ini menjadi menguntungkan ketika menemukan basis pelanggan yang bersedia membayar untuk penerbangan yang selama sebagian besar karirnya merupakan pesawat komersial tercepat di dunia.

Pesawat ini dianggap oleh banyak orang sebagai ikon penerbangan dan keajaiban teknik. Namun juga dikritik karena tidak ekonomis, kurang memiliki pasar yang kredibel, dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar untuk mengangkut lebih sedikit penumpang dibandingkan Boeing 747.

Concorde dihentikan pada 2003 karena kemerosotan industri penerbangan komersial yang dipicu kecelakaan pada 2000, serangan 11 September 2001, dan keputusan Airbus, penerus Aérospatiale dan BAC, menghentikan dukungan pemeliharaan.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)