Bola Api Merah Terekam Puluhan Kamera Penduduk Colorado

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:04 WIB
loading...
Bola Api Merah Terekam Puluhan Kamera Penduduk Colorado
Bola api di langit yang mengejutkan warga Colorado. (Foto: KRDO.com)
A A A
JAKARTA - Penduduk Colorado dikejutkan dengan kemunculan cahaya terang di langit pada Minggu (27/8/2023). Fenomena alam berupa bola api merah ini terekam sejumlah kamera CCTV dan rekaman amatir warga.

Beberapa warga membagikan video mereka dari kamera keamanan rumah dan stasiun cuaca tentang cahaya terang yang melintasi langit sekitar pukul 03.30 hingga 03.35 waktu setempat.

Dilansir dari 9NEWS, organisasi nirlaba American Meteor Society (AMS) melaporkan lebih dari 80 laporan bola api di situs web mereka.

Laporan menyebutkan bola api terlihat di Colorado pada waktu yang serupa. AMS menduga penampakan bola api itu hujan meteor Perseids yang sedang mencapai puncaknya. Fenomena ini lebih sering terjadi menjelang akhir Agustus.



Salah satu bukti yang menjadi referensi AMS ialah kiriman video warga Loveland, Kris Webber yang diambil dengan kamera Nest. NASA pun melihatnya sebagai meteor yang luar biasa terang. Beberapa video lainnya terekam di jalan antara Wiggins dan Roggen, sebelah barat Fort Morgan.

Mayoritas warga melaporkan bola api terjadi di bagian utara Colorado sekitar Metro Denver, tetapi ada satu laporan ke AMS di selatan hingga Santa Fe, New Mexico, dan di utara hingga Casper, Wyoming. Beberapa laporan menggambarkannya sebagai “bola api merah besar,” dan salah satu laporan mengatakan cahaya dari meteor menerangi seluruh blok mereka.



Beberapa laporan juga mengatakan mereka mendengar suara beberapa saat setelah meteor tersebut muncul di langit. Menurut AMS, meteor tersebut kemungkinan bergerak dari sekitar Allenspark ke selatan Idaho Springs di pegunungan sebelah barat metro Denver.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)