11 Penemuan yang Mengubah Gaya Hidup Manusia

Senin, 04 September 2023 - 08:36 WIB
loading...
11 Penemuan yang Mengubah Gaya Hidup Manusia
Penemuan monumental dari abad ke-20 menjadi tonggak perubahan gaya hidup manusia. (Foto: Star Insider)
A A A
JAKARTA - Penemuan di berbagai bidang mampu mengubah seluruh kehidupan manusia. Beberapa penemuan monumental dari abad ke-20 menjadi tonggak perubahan gaya hidup manusia.

Dilansir dari Star Insiders, Senin (4/9/2023), beragam penemuan di bidang teknologi, sosial, dan ekonomi membawa perubahan bagi sebagian besar kehidupan masyarakat. Berikut deretan penemuan monumental di dunia.

1. Internet

Internet, tidak diragukan lagi, merupakan penemuan paling berpengaruh dalam 30 tahun terakhir. Sejak perangkat lunak World Wide Web dipublikasikan pada tahun 1993, Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, bertukar informasi, mengelola keuangan, dan menjelajahi dunia secara luas.

2. Software editing gambar

Perangkat lunak pengedit gambar sederhana yang ditemukan pada 1990 telah menjadi salah satu alat kerja modern yang paling banyak digunakan di dunia. Salah satu perintisnya, Photoshop kini harus dikuasai sebagai keterampilan yang diperlukan di semua jenis industri, mulai dari seni hingga pemasaran dan pengembangan web.



3. Peta GPS

Ketika perangkat GPS seluler mulai dipasarkan pada tahun 1990an, mulai bermunculan situs dan aplikasi penunjuk jalan raya seperti MapQuest dan Google Maps. Saat ini, hampir semua orang di dunia memanfaatkan GPS melalui ponsel cerdasnya.

4. Short Message Service (SMS)

Layanan pesan singkat atau pesan SMS pertama dikirimkan pada 3 Desember 1992. Pesan teks tersebut adalah awal dari revolusi komunikasi, dan kini, sekitar 30 tahun kemudian, SMS telah menjadi moda komunikasi utama bagi miliaran orang.

5. Netflix

Ketika Netflix resmi diluncurkan pada 1997, banyak yang meragukan serta tidak memperkirakan sejauh mana hal itu akan mengubah cara warga dunia menikmati hiburan di ruang privat. Namun, seiring berjalannya waktu, Netflix berubah dari sekadar layanan persewaan DVD menjadi mengubah industri hiburan, mengubah cara pembuatan, pendistribusian, dan pembuatan film dan acara TV.

6. Telepon seluler

Telepon seluler dan pesan teks merupakan hal yang revolusioner, namun pengenalan internet seluler pada pergantian abad merupakan hal yang benar-benar baru. Tiba-tiba ada kekayaan informasi yang tak ada habisnya di ujung jari umat manusia.

7. iPod

Meskipun iPod bukanlah pemutar MP3 pertama di pasaran, iPod tentu saja merupakan produk yang mempopulerkan format musik baru. Lewatlah sudah hari-hari berjalan-jalan dengan Discman. Sejak diperkenalkannya iPod pada 2001, orang-orang di seluruh dunia dapat pergi kemanapun mereka inginkan dengan seluruh koleksi musik di saku.

8. Google

Dari semua hal yang telah diubah oleh internet bagi umat manusia, akses terhadap informasi tentu saja merupakan hal yang paling besar. Ketika Google muncul, semua informasi yang beredar di web menjadi lebih mudah ditemukan secara eksponensial. Kini, Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia dan menangani lebih banyak informasi (pribadi, perusahaan, dan lainnya) dibandingkan hampir semua perusahaan lain di dunia.

9. Teknik Endoskopi Kapsul

Observasi bagian dalam tubuh alias pernah menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi pasien. Namun, sejak munculnya endoskopi kapsul pada tahun 2001, pemeriksaan sistem pencernaan seseorang semudah menelan pil.



10. Alat kontrasepsi koyo

Cara kerjanya sama seperti alat kontrasepsi non-invasif yang telah menyelamatkan banyak orang dari kesulitan menjalani operasi implan. Cara kerjanya cukup ditempel dan menghilangkan kebutuhan untuk mengikuti aturan minum pil kontrasepsi yang ketat.

11. Token

Token adalah pahlawan tersembunyi dari setiap transfer uang melalui internet. Tokenisasi menciptakan nomer token yang unik, untuk membantu mengirimkan informasi melalui Internet dalam urutan yang sepenuhnya terenkripsi. Cara ini untuk memastikan tidak ada seorang pun yang dapat mengganggu transfer antara pengirim dan penerima.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)