14 Kota Hilang yang Berhasil Ditemukan, Ada Troy di Turki

Jum'at, 08 September 2023 - 09:28 WIB
loading...
14 Kota Hilang yang Berhasil Ditemukan, Ada Troy di Turki
Machu Picchu menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Peradaban dunia diwarnai pasang surut masa keemasan dan kejatuhan. Kota-kota besar yang menjadi sentral kekuasaan pun timbul dan tenggelam dikubur waktu dan kuasa alam yang digdaya.

Beberapa di antaranya tetap hidup dalam kisah-kisah legenda dan lainnya betul-betul sirna. Hingga akhirnya, di era modern sisa-sisa kota-kota yang hilang ini berhasil ditemukan dari pelacakan kembali berdasarkan petunjuk-petunjuk yang ditinggalkan, namun masih banyak yang tetap menjadi misteri hingga saat ini.

Dari Sigiriya, situs puncak bukit yang menakjubkan di Sri Lanka, hingga Pompeii yang menakjubkan di Italia, berikut kota-kota hilang yang berhasil ditemukan dikutip dari Love Exploring, Jumat (8/5/2023).

1. Sigiriya, Sri Lanka

14 Kota Hilang yang Berhasil Ditemukan, Ada Troy di Turki


Pada 1831, Mayor Jonathan Forbes dari Angkatan Darat Inggris menjelajahi hutan lebat di Sri Lanka. Dia dan pasukannya sempat mengalami kesulitan menerobos hutan dengan menunggang kuda. Namun ketika berhasil ke luar hutan, dia menemukan pemandangan menakjubkan, puncak Sigiriya yang tertutup semak yang dihiasi lukisan dinding berwarna cerah. Forbes telah menemukan kembali kota mitos yang telah ditinggalkan sejak abad ke-14.

Sigiriya berarti singa. Kota ini di depannya terdapat pintu masuk dihiasi patung singa yang besar, tapi sayang kepalanya hilang. Sigiriya dibangun di atas bukit batu setinggi 200 meter di tengah hutan. Awalnya difungsikan sebagai biara Buddha pada abad ke-3 SM. Namun, 800 tahun kemudian, Raja Kasyapa membangun istana mewah di sana. Istana ini dikelilingi taman, kolam, dan dinding cermin yang dipoles sedemikian rupa.

Disebut sebagai Keajaiban Dunia Kedelapan, UNESCO menetapkan Sigirya sebagai Situs Warisan Dunia pada 1982.



2. Sanchi, India
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)