14 Kota Hilang yang Berhasil Ditemukan, Ada Troy di Turki

Jum'at, 08 September 2023 - 09:28 WIB
loading...
A A A
5. Tanis, Mesir

Kota ini digambarkan dalam adegan film Indiana Jones Raiders of the Lost Ark. Namun kisah nyata di balik kota ini sama menakjubkannya dengan yang ada di film. Pada 1939, tim Pierre Montet melakukan penggalian sekitar 160 Km timur laut Kairo, mencari kota bernama Zoan yang dalam Alkitab adalah tempat ditemukannya bayi Musa. Montet menemukan ruang pemakaman, kuil besar, dan kompleks perkotaan.

Tanis adalah kota megah dan pernah menjadi ibu kota Mesir kuno. Bangunan paling awal berasal dari sekitar 1000 SM dengan kuil Amun yang dikelilingi tembok, ditambah rumah dan jalan dengan pola kotak. Kota ini merosot ketika pelabuhan-pelabuhannya tertimbun lumpur dan seluruh kota tenggelam ke dalam pasir.

6. Qalatga Darband, Irak

Berkat rekaman mata-mata yang tidak diklasifikasikan dan fotografi drone, kota yang hilang perlahan-lahan digali di Kurdistan Irak. Dibangun sekitar tahun 331 SM, Qalatga Darband diperkirakan didirikan oleh Alexander Agung. Kota berbenteng ini diyakini terletak di jalur yang pernah dilalui antara Iran dan Irak.

Situs ini awalnya terdeteksi ketika para ahli menonton rekaman mata-mata yang tidak diklasifikasikan yang dipublikasikan pada 1996. Namun ketidakstabilan politik di wilayah tersebut membuat tidak ada yang bisa dilakukan pada awalnya. Baru-baru ini, tim arkeolog Irak dan Inggris, dipimpin oleh spesialis dari British Museum, melakukan penggalian. Mereka menemukan genteng terakota serta patung Yunani dan Romawi, termasuk yang menggambarkan Aphrodite.



7. Mohenjo Daro

Pada 1922, R D Banerji, seorang arkeolog India, meneliti monumen Buddha di provinsi Sindh yang sekarang disebut Pakistan. Dia menduga situs tersebut berasal dari sekitar 500 SM. Namun dari bukti-bukti yang ada dia kemudian menyimpulkan bahwa situs tersebut jauh lebih tua.

Kemudian John Marshall melakukan penggalian lebih lanjut pada 1920-an dan 1930-an dan menyimpulkan kota tersebut sebenarnya berasal dari sekitar tahun 2500 SM.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)