14 Kota Hilang yang Berhasil Ditemukan, Ada Troy di Turki

Jum'at, 08 September 2023 - 09:28 WIB
loading...
A A A
Legenda mengatakan Troy yang juga dikenal sebagai Illiumm, dikepung selama 10 tahun oleh Yunani setelah Paris dari Troy menculik Helen Ratu Sparta. Hal ini diperkirakan terjadi sekitar tahun 1200 SM. Namun situs yang ditemukan Schliemann telah ditempati sekitar tahun 4000 SM, dengan ditemukannya bangunan dan tembok pemukiman. Troy dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1998.

10. Machu Picchu, Peru

Pada Juli 1911, sejarawan Amerika Hiram Bingham melakukan tur ke permukiman kuno Inca di Peru. Dia berada di dekat kota Cusco ketika seorang petani bercerita tentang reruntuhan di puncak gunung yang oleh penduduk disebut Machu Picchu atau 'Puncak Tua'.

Bingham dan timnya lantas mengeceknya dan menemukan pintu masuk batu ke kota terlupakan yang dibangun di atas sejumlah teras buatan.

Kota ini diyakini dibangun sekitar tahun 1450 M sebagai tempat peristirahatan musim panas bagi para penguasa Inca dan untungnya tetap tersembunyi dari penjajah Spanyol. 200 bangunan tersebut memiliki populasi sekitar 750 orang, kemungkinan besar adalah pengikut kerajaan.

Dibangun tanpa menggunakan mortar, bangunan batu kering yang dipoles tersebut antara lain Inti Watana, sejenis jam matahari, Kuil Matahari setengah lingkaran, dan Kuil Tiga Jendela. Situs ini ditinggalkan pada tahun 1550, mungkin karena penyakit yang dibawa oleh penjajah Spanyol. Kota ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983.

11. Skara Brae, Orkney, Skotlandia

Pada musim dingin 1850, badai besar melanda Skotlandia yang menyebabkan sekitar 200 korban jiwa. Keesokan harinya, di Kepulauan Orkney, penduduk desa menemukan badai telah meruntuhkan sebagian tebing dan mengungkap pemukiman tersembunyi dengan rumah-rumah batu tanpa atap.

Pengujian menunjukkan situs tersebut berasal dari tahun 3200 hingga 2200 SM dan telah dihuni selama 600 tahun. Terdiri dari 10 rumah batu bundar dengan perapian di tengah dan tempat tidur di dekat dinding. Atapnya terbuat dari tulang ikan paus dan gambut serta memiliki lorong-lorong beratap. Desain standar menunjukkan bahwa tidak ada hierarki, melainkan komunitas orang-orang yang hidup damai sebagai petani, penggembala, dan pedagang. Skara Brae menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999.

12. Ciudad Perdida, Kolombia
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)