Rusia Bikin Senjata Baru Rudal Burevestnik, Gunakan Mesin Ramjet Nuklir Berjangkauan Global

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:14 WIB
loading...
A A A
Platform intelijen geopolitik Amerika, Stratfor, berhipotesis bahwa rudal Burevestnik mungkin secara fungsional menggabungkan mesin turbojet bersama dengan booster berbahan bakar cair. Sedangkan Kepala Intelijen Pertahanan (CDI) Inggris, James Hockenhull, menyebutkan rudal Burevestnik sebagai sistem rudal jelajah bertenaga nuklir sub-sonik dengan kemampuan menyerang dalam jangkauan global.

Bikin Waspada Amerika Serikat

Rusia Bikin Senjata Baru Rudal Burevestnik, Gunakan Mesin Ramjet Nuklir Berjangkauan Global

Pengujian rudal Burevestnik 9M730 ditulis oleh RedaktionsNetzwerk Deutschland (Jaringan Editorial Jerman atau RND) Jerman. Menurut sumber Amerika Serikat (AS) yang dikutip New York Times, Rusia telah menyiapkan lokasi uji khusus untuk rudal Burevestnik 9M730 di Arktik.

The Moscow Times melaporkan bahwa militer AS telah memantau wilayah uji coba rudal Burevestnik dengan cermat. Media Moskow merujuk pada pesawat AS yang terlihat di area uji coba.

Menurut The Moscow Times, pilot disarankan menghindari zona bahaya. Wilayah yang dimaksud adalah bagian Laut Barents dekat lokasi uji coba Pankovo di kepulauan Nova Zemlya telah dinyatakan sebagai “zona bahaya sementara”.



Dari uji coba itu diketahui salah satu masalah utama adalah sistem propulsi rudal. Burevestnik ditenagai oleh reaktor nuklir, menimbulkan tantangan signifikan dalam hal stabilitas dan pengendalian. Manajemen panas dan sistem pendingin reaktor terbukti bermasalah, menyebabkan panas berlebih dan potensi malfungsi.

Rudal ini mengandalkan navigasi canggih dan teknologi penargetan untuk mencapai sasaran yang dituju secara akurat. Namun, ada laporan kegagalan dalam sistem panduan rudal, yang mengakibatkan perhitungan lintasan tidak akurat dan sasaran meleset.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)