Penemuan Besar, Pertama Kali Para Astronom Mendeteksi Oksigen di Planet Venus

Kamis, 09 November 2023 - 18:02 WIB
Oksigen atom ini terutama terdapat pada lapisan ketinggian sekitar 100 kilometer dan memiliki suhu sekitar minus 120 derajat Celsius di siang hari hingga minus 160 derajat Celsius di malam hari. Konsentrasinya kira-kira sepuluh kali lebih rendah dibandingkan di atmosfer bumi.
Penemuan Besar, Pertama Kali Para Astronom Mendeteksi Oksigen di Planet Venus

“Pengukuran ini sangat menantang karena Venus hanya dapat diamati dengan SOFIA selama kurang lebih 20 menit dalam tiga hari dan hanya berada sedikit di atas cakrawala,” tambah Heinz-Wilhelm Hubers.

Hingga saat ini, pengukuran atom oksigen di atmosfer Venus bergantung pada metode tidak langsung dan model fotokimia. Penelitian ini dilakukan pada November 2021, yang melibatkan para peneliti dari DLR Institute of Optical Sensor Systems, Max Planck Institute for Radio Astronomy, dan University of Cologne.

Lapisan atom oksigen ini terbentuk melalui proses yang diawali oleh radiasi ultraviolet dari Matahari. Radiasi ini memecah karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer Venus, sehingga menghasilkan atom oksigen dan produk kimia lainnya.