Mengenal EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur Jadul Buatan Brazil yang Mematikan

Jum'at, 17 November 2023 - 07:30 WIB
loading...
Mengenal EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur Jadul Buatan Brazil yang Mematikan
Super Tucano EMB-314 jatuh di kawasan Pasuruan, Jawa timur, dan menjadi sorotan masyarakat. Foto: ist
A A A
PASURUAN - Pesawat EMB-314 Super Tucano jadi sorotan masyarakat Indonesia setelah dua pesawat tersebut jatuh di Pasuruan, Jawa Timur. Seperti apa cerita pesawat tempur kebanggaan Brasil tersebut?

Negara-negara adikuasa banyak memiliki pesawat-pesawat tempur legendaris. Amerika Serikat misalnya punya F-18 Hornet. Begitu juga dengan Rusia yang bangga dengan Sukhoi Su-57.

Prancis dan Inggris tak mau kalah. Prancis punya Rafale, sedangkan Inggris mengunggulkan Eurofighter Typhoon. Di antara nama-nama besar itu justru terselip sebuah nama pesawat yang justru bikin banyak orang mengernyitkan dahi begitu tahu negara yang memproduksinya. Nama pesawat tempur itu adalah EMB-314 Super Tucano.

Pesawat tempur itu dibuat oleh sebuah perusahaan kedirgantaraan asal Brasil, Embraer? Loh memangnya Brasil bisa bikin pesawat terbang? Jangan salah sangka dulu. Embraer adalah perusahaan milik negara yang memiliki nama harum di bisnis pesawat terbang.

Mereka terkenal karena membuat pesawat jet pribadi untuk selebritas dan orang-orang superkaya di dunia. Mulai dari Jackie Chan hingga pesepakbola Neymar.

Namun Embraer justru tidak hanya fokus membuat pesawat jet pribadi. Mereka juga ikut mengembangkan pesawat-pesawat tempur dengan kemampuan yang luar biasa. Salah satunya adalah EMB-314 Super Tucano.

Dikutip dari kanal YouTube European Defense, EMB-314 Super Tucano sudah banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia. Pesawat itu tidak hanya mampu diandalkan untuk kepentingan tempur tapi juga untuk melatih bakat-bakat baru para penerbang pesawat tempur.

"Pesawat itu adalah mesin yang sangat dahsyat dengan tampiilan klasik," sebut mereka. Sementara situs resmi TNI AU mengupas lebih dalam lagi mengenai kemampuan EMB-314 Super Tucano.

Mengenal EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur Jadul Buatan Brazil yang Mematikan

Dalam situs itu disebutkan bahwa EMB-314 Super Tucano merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya.

Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak. Saat ini Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Brasil pada 2012 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)