Mengenal EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur Jadul Buatan Brazil yang Mematikan

Jum'at, 17 November 2023 - 07:30 WIB
loading...
A A A
Mengenal EMB-314 Super Tucano, Pesawat Tempur Jadul Buatan Brazil yang Mematikan

Koleksi senjata yang bisa dibawa seperti bon jenis MK-81/MK-82, bom cluster, rocket pod FFAR, dan rudal berpemandu laser, sekelas Maverick. Untuk menghadapi duel di udara, EMB-314 Super Tucano juga dapat membawa rudal anti pesawat jenis AIM-9L Sidewinder atau MAA-A1 Piranha.

Pesawat ini juga dilengkali sistem pertahanan diri yang terdiri dari RWR (Radar Warning Receiver), MAWS (Missile Approach Warning System), dan chaff/ flare dispenser.

Serupa dengan jet tempur modern, EMB-314 Super Tucano juga dibekali sistem FLIR (Forward Looking Infrared), mengadopsi tipe StarSAFIRE III yang ditempatkan di bawah bodi pesawat.

Dengan FLIR memungkinkan awak membidik sasaran, navigasi, dan identifikasi. Sistem ini juga memungkinan pengawasan dan penyerangan baik saat siang dan malam hari, serta sanggup menghadapi segala kondisi cuaca.

Jadi di balik penampilannya yang terkesan jadul, EMB-314 Super Tucano justru jadi pesawat tempur yang sangat mematikan. Di saat yang bersamaan, pesawat itu bisa melatih banyak penerbang-penerbang berbakat untuk diandalkan di waktu-waktu ke depan.

Tidak heran jika Brasil benar-benar bangga dengan pesawat tempurtersebut.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)