Ini Tempat Paling Dingin di Alam Semesta, Minus 272 Derajat Celsius

Jum'at, 22 Desember 2023 - 23:11 WIB
loading...
A A A
Memahami interaksi biner seperti itu, kata dia, adalah 'holy grail' astronomi bintang abad ke-21, karena interaksi ini diyakini menjadi penyebab berbagai fenomena ledakan di bintang, termasuk supernova dan emisi gelombang gravitasi.

Namun, pengembangan model teoretis interaksi tersebut, yang masih dalam tahap awal, memerlukan pengamatan yang menunjukkan semua elemen Common Envelope Evolution. Kabar baiknya, Nebula Boomerang adalah satu-satunya contoh yang dapat dilihat.

Lantas mengapa Nebula Boomerang super dingin ?


Nebula Boomerang mendapatkan namanya pada tahun 1980 ketika astronom Keith Taylor dan Mike Scarrott mengamati menggunakan teleskop Anglo-Australia di Observatorium Siding Spring di New South Wales, Australia, dan melihat asimetri berbentuk bumerang kecil antara dua lobanya. Para astronom menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk lebih baik memecahkan bentuk nebula ini pada 1998.

Penelitian tahun 1995 yang dilakukan dengan Teleskop Submillimeter Swedish-ESO (SEST) berdiameter 15 meter di Observatorium La Silla di Chili, memungkinkan Sahai dan rekan-rekannya untuk menentukan bahwa ini adalah tempat paling dingin di alam semesta. Suhu dingin di nebula ini disebabkan oleh Common Envelope Evolution yang mendorong Sahai untuk mulai menyelidiki wilayah luar angkasa ini pada awalnya.

"Dalam fenomena ini, teman bintang raksasa merah yang sekarat dihisap ke dalam amplop material yang sangat besar yang mengelilinginya karena gravitasi," katanya. "Akibatnya, sejumlah besar energi potensial gravitasi dilepaskan."

Ini menyebabkan amplop bintang raksasa merah diusir dengan kecepatan setinggi 370.000 mil per jam, sekitar 250 kali lebih cepat dari kecepatan tertinggi jet tempur Lockheed Martin F-16 . Bintang teman, yang ditelan oleh amplop gas, kemudian bergabung dengan inti raksasa merah, membentuk satu bintang.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)