10 Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an, Bumi dan Langit Awalnya Menjadi Satu

Kamis, 01 Februari 2024 - 13:17 WIB
10 Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an, Bumi dan Langit Awalnya Menjadi Satu
Al Quran berisi banyak hal. Mulai dari ajaran tentang ketuhanan, tata cara beribadah, muamalah, kisah sejarah hingga ilmu pengetahuan. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Al Quran sebagai pendoman umat Islam berisi banyak hal. Mulai dari ajaran tentang ketuhanan, tata cara beribadah, muamalah, kisah sejarah hingga ilmu pengetahuan.

Belakangan di era modern banyak hal yang disebutkan dalam Al Quran terbukti secara ilmiah, mulai dari teori Big Bang, galaksi yang berkembang, hingga kandungan besi dari luar angkasa.

Dilansir dari Al-Islam, Kamis (1/2/2024), berikut deretan data ilmiah yang terkandung dalam Al Qur'an:

1. Bumi dan langit awalnya bersatu

Seluruh lingkaran ilmiah di dunia saat ini sepakat bahwa planet awalnya terdiri dari massa gas natrium dan bahwa awalnya langit dan bumi bersatu sebagai satu entitas kemudian terpisah satu sama lain. Berabad-abad lalu, Al Qur'an merujuk pada teori ilmiah ini.

Allah SWT berfirman dalam surah Fushshilat ayat 11:

ثُمَّ اسْتَوٰىٓ اِلَى السَّمَاۤءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلْاَرْضِ ائْتِيَا طَوْعًا اَوْ كَرْهًاۗ قَالَتَآ اَتَيْنَا طَاۤىِٕعِيْنَ ۝١١

tsummastawâ ilas-samâ'i wa hiya dukhânun fa qâla lahâ wa lil-ardli'tiyâ thau‘an au karhâ, qâlatâ atainâ thâ'i‘în

Dia kemudian menuju ke (penciptaan) langit dan (langit) itu masih berupa asap. Dia berfirman kepadanya dan kepada bumi, “Tunduklah kepada-Ku dengan patuh atau terpaksa.” Keduanya menjawab, “Kami tunduk dengan patuh.”

Kemudian dalam surah Al-Anbiya' ayat 30 Allah SWT berfirman:

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ ۝٣٠

a wa lam yaralladzîna kafarû annas-samâwâti wal-ardla kânatâ ratqan fa fataqnâhumâ, wa ja‘alnâ minal-mâ'i kulla syai'in ḫayy, a fa lâ yu'minûn

Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?

Dengan demikian, Al Qur'an mengungkap salah satu misteri besar alam semesta: planet awalnya terdiri dari massa gas natrium, dan pemisahan planet dari objek besar dan kemudian pemisahan mereka satu sama lain.

2. Perluasan Alam Semesta

Salah satu penemuan paling berharga dalam ilmu pengetahuan adalah mengenai perluasan alam semesta, kecenderungannya untuk terus memperluas batas-batasnya. Ini adalah sesuatu yang benar-benar tidak diketahui oleh manusia sampai abad terakhir.

Misteri ini, bagaimanapun, disebutkan dalam Al Qur'an surah Az-Zariyat ayat 47:

وَ السَّمَآءَ بَنَيۡنٰهَا بِاَيۡٮدٍ وَّاِنَّا لَمُوۡسِعُوۡنَ

Wassamaaa'a banainaa haa bi aydinw wa innaa lamuusi'uun

Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya.

3. Gaya gravitasi

Sebelum Newton, tidak ada yang menyadari gaya gravitasi. Newton membuktikan jatuhnya objek ke bumi, rotasi bulan dan Venus, gerakan planet, dan contoh lain dari tarikan semua tunduk pada satu hukum, hukum gravitasi universal.

Al Qur’an menggambarkan gaya gravitasi tersebut sebagai 'tiang-tiang yang tak terlihat'. Allah berfirman dalam surah Ar-Ra’d Ayat 2

Allaahul lazii raf'as samaawaati bighairi 'amadin tarawnahaa summas tawaa 'alal 'Arshi wa sakhkharash shamsa walqamara kulluny yajrii li ajalim musammaa; yudabbirul amra yufassilil Aayaati la'allakum biliqooa'i Rabbikum tuuqinuun

Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan (makhluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin akan pertemuan dengan Tuhanmu.

Dalam menyampaikan kebenaran ilmiah ini, Al Qur'an menggunakan ungkapan yang dapat dimengerti oleh semua manusia sepanjang zaman. Apakah 'tiang-tiang yang tak terlihat' ini, yang mencegah planet-planet bertabrakan atau jatuh, tidak lain adalah kekuatan misterius dan tak terlihat dari gravitasi universal, hukum yang di mana Pencipta alam semesta telah menundukkan semua benda langit?

4. Produksi Susu pada Hewan

Al Qur'an menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan susu pada hewan dengan cara yang sepenuhnya sesuai dengan data ilmiah modern. Inilah yang dinyatakan dalam Al Quran:

"Sesungguhnya bagi kalian ada pelajaran dalam hewan-hewan ternak. Kami memberi kalian minum susu yang murni, yang berasal dari apa yang terkandung dalam tubuh mereka, dari percampuran apa yang ada di usus mereka dengan darah. Minuman itu kemudian menjadi mudah bagi orang-orang yang meminumnya." (16:66)

Dr. Bucaille menulis dalam bukunya: "Dari sudut pandang ilmiah, konsep fisiologis harus dihadirkan untuk memahami makna ayat ini. Zat-zat yang menjamin nutrisi umum tubuh berasal dari transformasi kimia yang terjadi sepanjang saluran pencernaan. Zat-zat ini berasal dari isi usus. Setibanya di usus pada tahap transformasi kimia yang tepat, mereka melewati dindingnya menuju sirkulasi sistemik (darah). Konsep yang sangat tepat ini merupakan hasil dari penemuan dalam kimia dan fisiologi sistem pencernaan. Hal ini benar-benar tidak diketahui pada zaman Nabi Muhammad dan baru dipahami belakangan ini."

5. Berpasangan

Baru-baru ini peneliti menyadari inseminasi pada tumbuhan dan belajar bahwa setiap makhluk hidup, termasuk tumbuhan, ada sebagai hasil dari penyatuan bagian jantan dan betina. Al Qur'an dengan jelas menyatakan prinsip gender di dunia gender, bersama dengan keberadaan bagian laki-laki dan perempuan bahkan dalam tumbuhan.

"Tidakkah mereka memperhatikan bumi, di mana Kami menciptakan tumbuhan berpasangan." (26:7)

6. Peran Angin

Al Qur'an juga menyebut peran dan faktor penting angin. "Kami mengirimkan angin sebagai sarana penyerbukan dan pembuahan, lalu turunkan hujan dari langit." (15:22). Dalam ayat ini, Al Quran mengungkapkan misteri besar lain dari penciptaan, peran mendasar yang dimainkan oleh angin dalam pembuahan tanaman.

7. Cahaya Bulan hanya pantulan

Matahari adalah bintang yang menghasilkan panas dan cahaya sendiri. Adapun bulan tidak menghasilkan cahaya sendiri, hanya memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. Al Qur'an menyaksikan fakta tersebut: "Maha Suci Tuhan yang menempatkan bintang-bintang di langit dan menempatkan di dalamnya sebuah lampu (SIRAJ) dan bulan yang memberikan cahaya (MUNIIRA)." (25:61)

Di sini bulan didefinisikan sebagai benda yang memberikan pantulan cahaya (Muniira), sedangkan matahari dibandingkan dengan lampu atau obor yang berkobar (Siraj).

8. Tekanan di ketinggian

Sudah menjadi pemahaman umum tentang ketidaknyamanan yang dirasakan pada ketinggian, yang meningkat seiring dengan kenaikan. Hal ini jauh-jauh hari telah diungkapkan dalam Al Qur'an:

"Orang yang dikehendaki Allah untuk memberi petunjuk, Dia membuka dadanya untuk Islam. Sedangkan orang yang dikehendaki-Nya sesat, Dia membuat dadanya tertutup dan sesak, seolah-olah dia harus mendaki ke langit." (6:125)

Siapa yang memberi tahu Nabi bahwa dengan mendaki ke langit (ketinggian), tekanan meningkat dan bernapas menjadi sulit?

9. Lebah

Tentang lebah , Al Qur'an berkata: "Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Tetapkanlah tempat tinggalmu di gunung-gunung, pohon-pohon, dan apa yang dibangun oleh manusia. Makanlah dari semua buah dan ikuti jalan Tuhanmu dengan rendah hati. Dari dalam tubuh mereka keluar cairan berbagai warna yang di dalamnya terdapat obat bagi manusia." (16:68-69)

Al Qur'an menyebutkan bahwa lebah pekerja yang mencari makan adalah betina. Kata kerja yang digunakan dalam bahasa Arab merujuk pada lebah betina. Ini sangat menakjubkan. Sejak lama, hingga baru-baru ini, orang mengira bahwa lebah tentara adalah jantan.

10. Perkembangan Embrio

Deskripsi Al Qur'an tentang tahapan-tahapan tertentu dalam perkembangan embrio sesuai dengan pengetahuan modern. Setelah 'sesuatu yang melekat', Al Qur'an memberi tahu kita bahwa embrio melewati tahap 'daging yang dikunyah', kemudian jaringan muncul dan dilapisi oleh daging:

"Kami membentuk yang melekat menjadi sebongkah daging yang dikunyah, dan Kami membentuk daging yang dikunyah menjadi tulang, dan Kami melapisi tulang itu dengan daging yang utuh." (23:14)

Hanya pada abad ke-19 menusia memiliki pandangan yang agak lebih jelas tentang pertanyaan ini. Semua konsep ilmiah modern yang disebutkan di atas dan banyak konsep ilmiah lainnya ditemukan dengan mudah dalam Al Qur'an, yang diwahyukan 14 abad yang lalu.