Inovasi Hijau, Solusi Problem Petani Jember

Rabu, 07 Agustus 2024 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Sedangkan Smart Green House dilengkapi dengan sistem automatisasi berbasis teknologi Arduino Uno. Sistem ini dirancang untuk mengontrol kondisi dalam green house secara otomatis, termasuk suhu, kelembaban, dan pencahayaan. Sumber energinya berasal dari panel surya untuk menekan biaya listrik dan meningkatkan keuntungan petani.

Suhu yang tinggi di greenhouse menyebabkan efektivitas pestisida nabati menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan infeksi jamur menjadi semakin parah sehingga melatarbelakangi penciptaan Smart Green House dan Adjuvan Organik.

Inovasi Hijau, Solusi Problem Petani Jember


Kedua cara tadi ternyata selaras dengan hasil produksi tanaman cabai Kelompok Harapan Tani. “Pengaplikasian Adjuvan Organik memberikan dampak nyata dengan mengurangi jumlah hama, terutama Aphids, pada tanaman cabai hingga kurang lebih 30 persen," kata salah satu perwakilan dari kelompok tani, Lukman.



Program ini, sebutnya, sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional petani. Lantaran terdapat penambahan sprinkler, lampu, dan sensor-sensor yang dirangkai dalam satu sistem otomatisasi perawatan tanaman cabai di green house.

Pengaplikasian teknologi pertanian yang ramah lingkungan tersebut dikenal juga dengan teknologi pertanian presisi. Disebut presisi karena dapat menyesuaikan dengan kondisi setempat dan diterapkan secara efektif bagi petani kecil.

Inovasi Hijau, Solusi Problem Petani Jember


"Melalui pengelolaan pertanian yang disesuaikan, kita dapat mencapai tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi pemborosan makanan. Oleh karena itu perkenalan teknologi canggih dan praktik pertanian presisi kepada petani kecil harus diberlakukan," kata dosen Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ Prof. Bayu Taruna Widjaja Putra.

Ia berharap upaya kolaboratif untuk memperkenalkan teknologi canggih dan praktik pertanian presisi kepada petani kecil di Indonesia semakin masif. Pengembangannya bisa melalui Center of Excellence on Artificial Intelligence (AI) untuk industri pertanian dan laboratorium pertanian presisi dan geoinformatika.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)