Peneliti Selidiki Lubang Raksasa di Lapisan Es Greenland

Senin, 23 November 2020 - 01:05 WIB
loading...
A A A
Tim melakukan dua kali perjalanan ke lapisan es Greenland pada bulan Oktober 2018 dan Oktober 2019. Dalam setiap perjalanan, mereka menggunakan tali dan peralatan pendakian lainnya untuk melakukan rappel 100 meter menjadi dua moulin terpisah, yang hampir mencapai permukaan air.

"Anda kembali ke tepi dan Anda hanya melihat es kebiruan turun sejauh yang Anda bisa lihat, lalu gelap dan sesekali ada suara es pecah yang cukup menakutkan," kata penjelajah gua.

Para ilmuwan telah lama mengamati bahwa lapisan es Greenland bergerak. Teori mereka juga mengatakan bahwa musim panas dan perubahan iklim dapat mempercepat pergerakan itu.

Data yang didapatkan untuk mengungkap misteri ini belum lengkap. Hubungan interaksi antara air lelehan es dan dasar lapisan es belum dapat diketahui karena masih banyak data yang harus diamati lebih lanjut.

"Kami mencoba memahami cara lelehan es berinteraksi dengan gerakan es dan hal utama yang kami temukan adalah bahwa tekanan air di dalam moulin ini tidak bervariasi seperti yang diamati sebelumnya, ini tampaknya dihasilkan dari volume lubang besar di moulin," kata Covington.
(fan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)