9 Misteri Sejarah Terbesar yang Belum Terpecahkan, Nomor Terakhir Menyangkut Indonesia

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:52 WIB
loading...
A A A
4. Apakah Caesarion Benar-Benar Anak Caesar?
9 Misteri Sejarah Terbesar yang Belum Terpecahkan, Nomor Terakhir Menyangkut Indonesia

Pada tahun 47 SM, Cleopatra VII melahirkan seorang putra bernama Caesarion yang diklaim sebagai putra Julius Caesar. Cleopatra bernama Caesarion sebagai wakil penguasa Mesir pada 44 SM. Namun, apakah anak itu benar-benar putra Caesar masih belum pasti.

Caesar tidak pernah mengakui Caesarion sebagai anaknya. Salah satu teman Caesar, Gaius Oppius, bahkan menulis pamflet yang menyangkal bahwa Caesarion adalah putra Caesar. Cleopatra VII meninggal karena bunuh diri setelah dia dan Mark Antony dikalahkan oleh Oktavianus pada 30 SM. Kemudian Caesarion terbunuh tidak lama setelah itu.

Dengan tidak adanya sisa-sisa peninggalan Julius Caesar atau Caesarion yang tersisa, tidak mungkin para sarjana dapat menentukan, dengan pasti, apakah Caesar benar-benar ayah Caesarion. (Baca juga; Arkeolog Mesir Ungkap Rahasia Dua Mumi Bayi di Makam Raja Tutankhamun )

5. Apakah Ada Lubang Uang di Pulau Oak?
9 Misteri Sejarah Terbesar yang Belum Terpecahkan, Nomor Terakhir Menyangkut Indonesia

Selama lebih dari dua abad, cerita ini telah beredar. Pulau Oak, di lepas Nova Scotia, Kanada, menyimpan sebuah lubang uang dari harta terpendam. Konon ditinggalkan oleh bajak laut Kapten William Kidd (1645-1701). (Baca juga; 5.500 Koin Perak Zaman Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan Tertimbun di Jerman )

Banyak ekspedisi yang menghabiskan jutaan dolar telah melakukan perjalanan ke pulau itu untuk mencari harta karun yang hilang, tetapi tidak berhasil. Meskipun telah mencari selama berabad-abad, tidak ada harta karun yang ditemukan di Pulau Oak. Namun, itu tidak menghentikan orang untuk mencoba menemukannya.

6. Apakah Harta Karun Gulung Tembaga Nyata?
9 Misteri Sejarah Terbesar yang Belum Terpecahkan, Nomor Terakhir Menyangkut Indonesia

Kisah harta karun lain yang mungkin tidak akan pernah terpecahkan dan lebih kuno adalah gulungan tembaga yang ditemukan oleh para arkeolog di sebuah gua pada tahun 1952. Gulungan tembaga itu ditemukan bersama dengan Gulungan Laut Mati lainnya, di situs Qumran.

Seperti namanya, tulisan itu diukir pada gulungan tembaga. Gulungan itu mencatat sejumlah besar harta emas dan perak yang tersembunyi. Namun, pada kenyataannya, beberapa ahli percaya bahwa itu tidak mungkin ada. (Baca juga; Ratusan Koin Emas Anglo-Saxon Ditemukan di Norfolk Inggris )

Gulungan itu berasal lebih dari 1.900 tahun pada masa Kekaisaran Romawi menguasai daerah Qumran. Ada sejumlah pemberontakan melawan kekuasaan Romawi pada saat gulungan itu ditulis, dan para ilmuwan telah berhipotesis bahwa harta karun itu disembunyikan untuk mencegah perampasan oleh pasukan Romawi.

Apakah harta itu nyata, di mana tepatnya disembunyikan, apakah pernah ditemukan dan apakah masih ada sampai sekarang, semuanya adalah misteri yang kemungkinan besar tidak akan pernah terpecahkan.

7. Nasib Tabut Perjanjian
9 Misteri Sejarah Terbesar yang Belum Terpecahkan, Nomor Terakhir Menyangkut Indonesia

Pada 587 SM, tentara Babilonia, di bawah Raja Nebukadnezar II, menaklukkan Yerusalem, menjarah kota, dan menghancurkan Bait Suci Pertama, sebuah bangunan yang digunakan oleh orang-orang Yahudi untuk menyembah dewa. Kuil Pertama berisi Tabut Perjanjian, merupakan wadah berisi lempengan-lempengan yang merekam 10 Perintah Allah, tongkat Harun, dan roti manna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)