Mengungkap Rahasia Kehebatan Pedang Damaskus Milik Salahuddin Al-Ayyubi

Senin, 17 Januari 2022 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Apa yang ditemukan oleh Dr. Wadsworth dan Dr. Sherby hampir sama dengan yang ditemukan oleh Marianne Riebold dan rekan-rekannya di Universitas Dresden. Namun Riebold mengetahui kalau komposisi karbon pada baja tinggi maka akan membuat baja itu jadi rapuh. Lalu kenapa baja Damaskus tidak?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Riebold sangat beruntung karena mereka mendapatkan sampel pedang Damaskus yang masih tersimpan di museum sejarah Berne Swiss. Pedang tersebut merupakan buatan tangan pandai besi terkenal abad ke-17, Assad Ullah.

Mereka melarutkan sampel baja Damaskus ke dalam asam klorida dan mempelajarinya di bawah mikroskop elektron. Mereka menemukan bahwa baja tersebut mengandung karbon nanotube, masing-masing hanya sedikit lebih besar dari setengah nanometer.



Dalam analisis Riebold, nanotube melindungi kawat nano dari sementit (Fe3C), senyawa keras dan rapuh yang dibentuk oleh besi dan karbon baja. Kelenturan nanotube karbon membuat sifat rapuh dari sementit yang dibentuk oleh baja Damaskus bisa dikurangi.

Belum jelas bagaimana pandai besi kuno menghasilkan nanotube ini, tetapi para peneliti percaya bahwa kunci proses ini terletak pada jejak kecil logam di lapisan baja wootz yang menjadi bahan dasar pedang Damaskus itu, termasuk vanadium, kromium, mangan, kobalt, dan nikel.

Fase pemanasan bilah dan didinginkan dengan cepat nampaknya menjadi katalis pembentukan nanokarbon yang membuat bilah terlihat bergelombang dengan struktur Damaskus ini.

Hebatnya dari pandai besi saat itu adalah, mereka menggunakan nanoteknologi untuk membat senjata sebelum ilmu pengetahuan berkembang sangat maju seperti sekarang ini.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)